TPS di Banda Aceh Gelar PSU Hari Ini gegara Ada Wanita Coblos 10 Surat Suara

Redaksi - Kamis, 22 Februari 2024 12:43 WIB
TPS di Banda Aceh Gelar PSU Hari Ini gegara Ada Wanita Coblos 10 Surat Suara
Istimewa
bulat.co.id - BANDA ACEH | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk DPR RI di TPS 3 Desa Kampung Keramat, Kecamatan Kuta Alam.PSU digelar karena petugas membuka kotak suara saat pencoblosan usai mengetahui ada perempuan yang mencoblos 10 lembar suara.

Advertisement
Dari pantauan terlihat proses pemungutan suara di TPS tersebut berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, Kamis (22/2/24). Masyarakat setempat datang ke TPS untuk mencoblos caleg DPR RI.

Baca Juga:
Ada empat bilik suara tersedia di TPS dan satu kotak suara. Pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS itu sebanyak 263 orang.

"Digelar PSU di TPS 3 Kampung Keramat karena ada warga yang melakukan pencoblosan terhadap 10 lembar surat suara DPR RI kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara, dan petugas membuka kotak suara sebelum saatnya membuka," kata Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali kepada wartawan.

Kotak suara di TPS itu disebut dibuka sekitar pukul 11.00 WIB saat Pemilu 14 Februari. Menurutnya, perempuan tersebut baru memasukkan satu surat suara ke dalam kotak dan sisanya sembilan lembar masih dipegang.

Petugas yang mengetahui kejadian tersebut mengamankan terduga pelaku. Kotak suara kemudian dibuka untuk mengeluarkan surat suara yang dicoblos pelaku.

"Perempuan itu mencoblos beberapa caleg DPR RI. Dugaan kita dia mencoblos di bilik suara kemudian memasukkan ke kotak suara," jelas Yusri.

Yusri menjelaskan, surat suara yang dibawa perempuan itu belum ditandatangani ketua KPPS. Untuk kasus tersebut, masih ditangani tim Sentra Gakkumdu.

"Surat suara yang diambil oleh terduga itu belum diteken oleh ketua KPPS di mana surat suara yang sah adalah surat suara yang telah ditandatangani basah oleh KPPS," jelas Yusri.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru