Manfaat Lahan Kosong, 11 Ribu Kelapa di Tanam Oleh Pemkab

Habibi - Rabu, 22 Mei 2024 21:45 WIB
Manfaat Lahan Kosong, 11 Ribu Kelapa di Tanam Oleh Pemkab
istimewa
Proses penanaman pohon kelapa
bulat.co.id - Sebanyak 11 ribu bibit kelapa jenis varietas genjah salak ditanam di Kabupaten Bangkalan.

Advertisement
Bantuan bibit dari Kementerian Pertanian tersebut diharapkan menjadi salah satu potensi perkebunan Bangkalan yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat tani.

Hal tersebut disampaikan oleh Andi Faizal, SP, MP, dari kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Jawa Timur ketika melaksanakan penanaman kelapa di Desa Aeng Tabar, Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan, Rabu 22 Mei 2024.

Baca Juga:

Andi mengatakan bahwa tujuan dari penanaman kelapa dan pemberian 11 ribu bibit kelapa jenis genjah salak serta pupuk sebanyak 30 ton ditujukan untuk meningkatkan luas areal penanaman dan produktivitas kelapa.

"Selain banyak diminati, kelapa ini memiliki banyak nilai ekonomis. Tidak hanya untuk dikonsumsi, banyak turunan dari pohon kelapa yang bernilai ekonomis. Seperti lidi, sabut kelapa hingga batok semuanya bernilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan," jelasnya.

Andi juga menyatakan dalam perjalanannya ke Desa Aeng Tabar, Tanjung Bumi banyak lahan-lahan kosong yang dapat dimanfaatkan salah satunya dengan penanaman kelapa.

"Penanaman kelapa di lahan kosong ini dapat menjadi potensi yang menjanjikan, terlebih lagi jika dirawat dengan baik pohon kelapa akan dapat menghasilkan," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Bangkalan, Puguh, mengatakan 11 kecamatan di Bangkalan berada di daerah pesisir dan menjadi tempat yang cocok untuk penanaman kelapa.

"Namun, tanaman kelapa di Bangkalan hampir tersebar merata di 18 kecamatan Bangkalan," ujar Puguh.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru