Fenomena Langka, Kerang Lorjuk Naik ke Permukaan Pantai di Pamekasan

Habibi - Sabtu, 27 Mei 2023 14:37 WIB
Fenomena Langka, Kerang Lorjuk Naik ke Permukaan Pantai di Pamekasan
Istimewa
bulat.co.id -Kerang Lorjuk (kerang bambu) dengan diameter berukuran 5 sampai 7 cm banyak ditemukan disekitar pesisir pantai Talang Siring, Kecamatan Larangan, Pamekasan pada malam hari sejak pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB pagi.

Kerang bambu tersebut mendadak bermunculan ke permukaan laut. Fenomena langka tersebut sudah sepekan terakhir sering terjadi di wilayah sekitar dan dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir sebagai mata pencarian mereka.

Edi Junaidi (37) mengatakan bahwa dirinya sangatlah bersyukur atas fenomena baru ini yang tidak pernah ia temukan di daerah lainya.

"Alhamdulillah mas, dengan adanya kerang lorjuk yang naik ke permukaan tambahan penghasilan saya sebagai nelayan ikut bertambah. Lampu penerangan sengaja dimodif untuk mendukung pencarian kerang bambu ini lebih banyak," ringkas Edi pada media, Sabtu (27/05/23).

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Budidaya pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pamekasan, Lutfi Asari, menyatakan bahwa tim telah diturunkan dan sampel kerang bambu telah diambil untuk dilakukan uji laboratorium.


"Kami lakukan uji leb terlebih dahulu, apakah ada dampak lingkungan atau ada faktor alam serta yang lainya," ringkasnya.

Perlu diketahui, bukan hanya warga dari Kabupaten Pamekasan, tetapi juga dari kabupaten lain di Pulau Madura, seperti Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep juga datang ke lokasi melihat fenomena langka ini.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru