Perusahaan Pesaing Google Ini Jual Aset Rp 81,6 T

Redaksi - Selasa, 06 Februari 2024 10:30 WIB
Perusahaan Pesaing Google Ini Jual Aset Rp 81,6 T
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Salah satu perusahaan teknologi besar di Rusia, Yandex NV sepakat untuk menjual aset senilai US$ 5,21 miliar atau setara dengan Rp 81,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.700).Dikutip dari Reuters, perusahaan ini menjual 'Google-nya Rusia' kepada investor dalam negeri. Kesepakatan ini menandakan keluarnya perusahaan dari Rusia sejak terjadinya ketegangan dua tahun lalu.

Advertisement
Dengan dijualnya aset-aset Yandex ini, maka perusahaan tersebut sepenuhnya berada di bawah kendali pemerintah Rusia.

Baca Juga:
Kesepakatan penjualan ini telah diperhitungkan dengan kapitalisasi pasar Yandex sebesar US$ 10,2 miliar. Pada akhir 2021 lalu, sebelum invasi Rusia, nilai pasar Yandex sudah mendekati US$ 30 miliar.

Yandex menyebutkan harga jual ini terpangkas hingga 50% terhadap nilai wajar. Pemerintah Rusia harus setuju dengan kesepakatan yang melibatkan penjualan aset perusahaan asing.

Pembeli Yandex merupakan sebuah konsorsium yang terdiri dari pengelola dana investasi yaitu Solid Management. Tiga perusahaan lainnya Infinity Management, IT.Elaboration dan Meriian-Servis yang dimiliki oleh Alexander Chachava, Pavel Prass dan Alexander Ryazanov.

Para anggota konsorsium ini juga disebut tidak masuk dalam daftar investor yang terkena sanksi AS, Uni Eropa, Inggris atau Swiss.

Pimpinan Yandex John Boynton menyebutkan ini adalah solusi terbaik untuk para pemegang sahamnya yang kini dalam kondisi luar biasa. Yandex akan fokus pada portofolio bisnis teknologi seperti cloud, data solution, self-driving hingga teknologi pendidikan. Yandex juga akan mempertahankan pusat data di Finlandia.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru