Begini Cara Mudah Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Redaksi - Minggu, 14 April 2024 08:51 WIB
Begini Cara Mudah Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian
Ilustrasi
bulat.co.id - MEDAN | Banyak makanan berminyak yang tersaji ketika momen Lebaran. Bisa saja ketika memakannya baju terkena tumpahan atau percikan minyak.

Jangan khawatir, untuk membersihkan noda minyak pada pakaian tidaklah sulit. Dilansir detikProperti dari Martha Stewart, tepung maizena bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak pada pakaian.

Advertisement

Tepung Maizena Dapat Hilangkan Noda Minyak di Pakaian

Baca Juga:

Tepung maizena bisa menghilangkan noda minyak yang baru saja tertumpah di pakaian. Setelah membersihkan noda dengan maizena, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan detergen lembut yang dicampur air untuk mengatasi noda yang tersisa.

Metode detergen dan air ini hanya cocok untuk noda baru pada kain yang toleran terhadap air. Noda minyak yang mengendap (yang mirip noda kopi) perlu diperlakukan secara berbeda. Jangan mencoba metode ini pada kain sutra atau wol.

Bahan dan Alat untuk Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Tepung maizena

Sikat gigi

Detergen lembut

Kain putih

Sendok

Kain katun tipis

Langkah-langkah

Baik noda minyak pada linen atau denim, tuangkan tepung maizena dengan dosis yang tepat ke area yang terkena noda dan diamkan sekitar 15-20 menit. Hal ini akan membantu menyerap minyak, mencegahnya meresap ke kain. Lalu, cobalah untuk menggosok tepung maizena dengan sikat gigi.

Balikkan pakaian yang terkena noda ke atas kain putih, lalu gosoklah noda dari belakang; hal ini membuat pembersihan lebih efektif. Lalu gunakan detergen dan air, tepuk permukaannya dengan alat yang keras, seperti sendok, beberapa kali, sambil periksa apakah ada rembesan pada kain putih.

Lalu, di atas baskom atau wastafel, siram noda dengan air sebelum mengusapkan kain katun tipis yang sangat mudah menyerap.

Lakukan langkah ini beberapa kali hingga kain bersih dari noda, lalu masukkan pakaian ke dalam mesin cuci dengan air dingin, jangan panas

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru