The Weeknd Dinobatkan Sebagai Musisi Paling Populer di Dunia

- Kamis, 23 Maret 2023 20:15 WIB
The Weeknd Dinobatkan Sebagai Musisi Paling Populer di Dunia
Istimewa
The Weeknd

bulat.co.id - Abel Tesfaye atau lebih dikenal sebagai The Weeknd dinobatkan sebagai musisi paling populer di dunia berdasarkan data statistik. Berdasarkan Guinness World Records, tak ada musisi yang mendekati capaian The Weeknd.

Advertisement

Baca Juga:

The Weeknd sukses memecahkan dua rekor bergengsi di Guinness World Records, yakni artis dengan pendengar bulanan terbanyak di Spotify mencapai angka 111,4 juta per 20 Maret 2023 dan artis pertama yang mencapai 100 juta pendengar bulanan di Spotify.

Baca Juga: Nostalgia Dengan 'The Reason' Hoobastank

Mengutip dari CNN Indonesia, tercatat, belum ada artis yang mampu menyamai jumlah pendengar The Weeknd di Spotify, termasuk Miley Cyrus dan Shakira yang berada di posisi dua serta tiga.

The Weeknd saat ini memiliki hampir 30 juta lebih banyak pendengar bulanan di Spotify, mengalahkan Miley Cyrus yang berada di posisi dua dengan jumlah pendengar 82,4 juta.

Pria 33 tahun itu juga mengungguli Shakira yang berada di peringkat tiga dengan jumlah pendengar 81,6 juta. Kemudian peringkat selanjutnya ada Ariana Grande dengan 80,6 juta pendengar, Taylor Swift dengan 80,2 juta pendengar, Rihanna dengan 78,5 juta pendengar, hingga Ed Sheeran dengan 77,5 juta pendengar.


Remix Die For You yang menampilkan Ariana Grande membuat angka streaming The Weeknd melonjak. Lagu tersebut bertengger di puncak nomor satu di Billboard Hot 100, menjadi hit nomor satu ketujuh untuk The Weeknd dan Grande.

Lagu remix tersebut jadi kolaborasi keempat duo tersebut, setelah Love Me Harder (2014), Off the Table (2020) dan remix dari Save Your Tears (2021).

Die For You yang orisinal dirilis pada 2016 sebagai bagian album Starboy The Weeknd, dan akhirnya menduduki puncak tangga lagu enam tahun kemudian. Hal tersebut merupakan pendakian terpanjang ke nomor satu di Hot 100 untuk lagu non-liburan dalam sejarah.

Sementara itu, Starboy kini menjadi album ketiga The Weeknd yang menghasilkan beberapa single nomor satu, setelah Beauty Behind the Madness (2015) dan After Hours (2020).

"Michael Jackson adalah satu-satunya musisi pria solo lain yang pernah mencapai prestasi ini," dikutip dari Guinness World Record, Kamis (23/3/2023).

Dua capaian yang diraih The Weeknd itu bukan gelar Guinness World Records pertamanya. Ia pernah menyabet dua penghargaan pada 2016 silam.

Kala itu, The Weekend dianugerahi dua penghargaan sekaligus yakni album yang palinh banyak diputar di Spotify di tahun 2015 dan artis solo pria paling lama yang secara berturut-turut bertengger di Top 10 Billboard 100.

Album Beauty Behind the Madness, yang dipimpin oleh single Can't Feel My Face, mendorong The Weeknd menjadi superstar global.

The Weeknd telah merilis lima album studio sejak debut dengan Kiss Land (2013). Rilisan terbarunya, Dawn FM (2022), adalah proyeknya yang paling mendapat pujian hingga saat ini.

Blinding Lights dari album keempat The Weeknd, After Hours, tetap menjadi lagu yang paling banyak diputar di Spotify, dengan lebih dari 3,4 miliar streaming per Februari 2023.

Lagu tersebut mengalahkan lagu Shape of You milik Ed Sheeran yang menduduki posisi teratas sejak September 2017.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru