Tips Mengatasi Kecanduan Gawai Pada Anak

- Minggu, 02 April 2023 11:40 WIB
Tips Mengatasi Kecanduan Gawai Pada Anak
Istimewa
Ilustrasi

bulat.co.id - Kecanduan gadget bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pada anak-anak. Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak perlu diusahakan secepat mungkin.

Advertisement

Baca Juga:

Gadget memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak-anak zaman sekarang. Selain dapat menjadi sarana hiburan, perangkat elektronik ini juga sebagai alat penunjang belajar.

Namun meski memiliki manfaat, orang tua tetap harus melakukan pengawasan dan sebisa mungkin tidak membuat anak terus bermain gadget sampai lupa waktu.

Baca Juga: Napak Tilas Asal Usul Pulau Talango Sumenep

Jika anak sudah kecanduan gadget, hal itu tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Salah satunya memengaruhi kemampuan bersosialisasi mereka.

Berikut ini tips mengatasi anak kecanduan gadget yang dapat dilakukan orang tua.

1. Membatasi waktu pemakaian

Dilansir laman CNN Indonesia, Minggu (2/4/2023), langkah pertama yang dapat dilakukan orang tua untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget adalah membatasi waktu penggunaan atau screen time.

Diperlukan ketegasan orang tua untuk menerapkan durasi penggunaan gadget pada si kecil. Terutama apabila anak memohon, merayu, hingga menangis.

Pedoman waktu screen time dari American Academy of Pediatrics (2013) dan Canadian Pediatric Society (2010) adalah sebagai berikut:

Anak di bawah usia 2 tahun: tidak boleh dibiarkan bermain gadget sendiri, termasuk televisi, smartphone, dan tablet.

Anak usia 2-4 tahun: Kurang dari satu jam dalam sehari.

Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan hiburan (tidak termasuk kebutuhan belajar).

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru