Divre I Sumut Berikan Layanan Kesehatan Gratis Dengan Rail Clinic

Bakti Sosial Rail Clinic ini digelar selama 2 hari di lokasi berbeda, yakni di Stasiun Mambang Muda pada Rabu (18/9) dan Stasiun Padang Halaban dengan memberikan pelayanan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun.
Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia, khususnya dibidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan umum. Program Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program TJSL KAI.
Baca Juga:
Rangkaian Rail Clinic terdiri atas dua kereta diesel dengan fasilitas pelayanan kesehatan antara lain pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, apotek, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kebidanan lanjutan. Kereta kesehatan juga telah dilengkapi fasilitas dental unit, EKG, USG, autorefraktometer dan laboratorium.
Manager Humas KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin, menjelaskan, KAI Divre I Sumut pada kegiatan ini menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 2 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 analis, 2 apoteker.
Kegiatan bakti sosial Rail Clinic di Stasiun Mambang Muda dan Padang Halaban secara total mengundang 400 orang masyarakat di sekitar stasiun untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis. KAI juga memberikan alat bantu kacamata secara gratis untuk 20 siswa SD.
Pembagian kacamata diberikan pada siswa SD yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksanaan mata di sekolahnya.
Dalam kesempatan ini juga diadakan sosialisasi terkait dengan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.
KAI Divre I Sumut menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sepanjang jalur KA yang berpotensi membahayakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA dan keselamatan bersama.
Tak lupa juga KAI memberikan sosialisasi terkait pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI kepada masyarakat yang mengikuti pemeriksaan kesehatan.
Diharapkan dengan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis menggunakan Rail Clinic ini dapat meningkatkan kesehatan warga yang tinggal di sekitar stasiun atau jalur kereta api.
Selain itu untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap transportasi kereta api, dan ikut bersama-sama menjaga dan perduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan KA.
Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Desa Lapa Taman Sumenep Terima Program CSR Dari PLN UP3 Madura

Tingkatkan Layanan, KAI Sumut Lakukan Penataan Beberapa Stasiun

Demi Keselamatan, 7 Perlintasan Sebidang di Wilayah Sumut Ditutup Serentak

Event DIATF 2024 Usai, Pelanggan Manfaatkan Diskon 20% Pembelian Tiket KA

KAI Divre I Sumut Dukung SDGs Dengan Penerapan Face Recognition Boarding Gate
