Beberapa Negara yang Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia

- Jumat, 21 April 2023 13:00 WIB
Beberapa Negara yang Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia
Istimewa

bulat.co.id - Mudik menjadi tradisi bagi warga Indonesia merayakan Hari Raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Ternyata, ada beberapa negara yang memiliki tradisi serupa dengan Indonesia.

Advertisement

Baca Juga:

Berikut 5 negara yang warganya mudik saat tiba hari raya:

1. Arab Saudi

Idul Fitri sangat meriah di Arab Saudi. Setiap daerah menggelar festival budaya dan kesenian saat perayaan Idul Fitri. Warga pun ramai-ramai pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga saat Idul Fitri. Tradisi ini juga dilakukan saat Idul Adha.

Baca Juga: Suasana Damai Kampung Mengoneng Jelang Lebaran Sepi

Dilansir dari Okezone, Jumat (21/4/2023), Masyarakat Saudi juga menata rumah masing-masing agar terlihat indah ketika dikunjungi keluarga atau tetangga saat lebaran. Mereka juga mempersiapkan makanan lezat untuk di hidangkan saat lebaran.

2. Amerika Serikat

Meski mayoritas non muslim ternyata Amerika Serikat punya tradisi mudik. Penduduk Amerika Serikat mudik pada perayaan "Thanksgiving". Mereka berkumpul bersama keluarga untuk mengucap rasa syukur.

3. China

Setidaknya ada 18 juta penduduk muslim di China. Mayoritas dari mereka tinggal di Xinjiang dan Yunnan. Umat Islam yang tinggal di China juga melangsungkan tradisi mudik menjelang Idul Fitri. Hanya saja tradisi mudik di China tidak sebesar di Indonesia.

Tradisi mudik di China paling terasa jelang Imlek, karena akan ada pergerakan besar pemudik yang melakukan perjalanan pulang kampung. Moda transportasi akan sesak saat momen musim mudik Imlek.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru