Ini Alasan Dianjurkan Makan Dahulu Sebelum Salat Idul Fitri

- Sabtu, 22 April 2023 07:36 WIB
Ini Alasan Dianjurkan Makan Dahulu Sebelum Salat Idul Fitri
Istimewa
Ilustrasi
bulat.co.id - Rasulullah SAW menganjurkan beberapa hal dilakukan saat Idul Fitri. Salah satunya makan sebelum salat Idul Fitri. Ini alasan berikut makanan yang dipilih oleh Rasulullah SAW.

Idul Fitri merupakan hari kemenangan untuk umat Islam setelah sebulan berpuasa. Saat hari raya, Rasulullah SAW mencontohkan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan.

Advertisement

Hal ini agar lebaran tak hanya momen bergembira saja, tapi juga bernilai ibadah. Dalam urusan makan, Rasulullah SAW melakukan hal ini saat Idul Fitri.

Baca Juga:

Baca Juga: Ogoh-ogoh Semarakkan Malam Takbiran di Batang

Mengutip detikcom, Sabtu (22/4/2023), disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat salat Idul Fitri. Anjuran ini berbeda dengan saat Idul Adha dimana muslim justru disunnahkan makan setelahnya.

Rasulullah SAW punya alasan melakukan hal ini. Untuk diketahui, awal bulan Syawal sebagai bulan berbuka adalah hari di mana umat Islam diharamkan puasa.

Karenanya awal Syawal harus dibedakan dengan jelas dari bulan Ramadan. Caranya dengan makan di pagi hari sebagai tanda muslim sudah selesai berpuasa di bulan Ramadan.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru