Angkatan Laut AS Sebut Kapal Induknya Tak Takut Rudal China

Redaksi - Rabu, 07 Februari 2024 11:30 WIB
Angkatan Laut AS Sebut Kapal Induknya Tak Takut Rudal China
Istimewa
bulat.co.id - WASHINGTON | Selama ini banyak pihak mengkhawatirkan keberadaan Gugus Tempur Kapal Induk Amerika Serikat di dekat China dari segi keselamatan. Hal ini karena China memiliki rudal 'pembunuh kapal induk' yang didesain untuk menenggelamkan kapal induk AS.Walau begitu, Angkatan Laut AS tidak terlalu mengkhawatirkan rudal DF-21 yang didesain untuk China untuk kapal induk AS. Hal ini disampaikan oleh Laksamana Carlos Sardiello yang merupakan Komandan Gugus Tempur Kapal Induk Satu.

Advertisement
Menurutnya, satu gugus tempur yang ia miliki masih memiliki kemampuan untuk melawan dan bertahan dari serangan rudal pembunuh kapal induk milik China, Rabu (7/2/24).

Baca Juga:
"Saya benar-benar yakin bahwa gugus tempur kapal induk dapat menjalankan misi yang dirancang untuk dilakukan secara efektif dan aman," ungkap Carlos.

Saat ini, Carlos memimpin gugus tempurnya dari USS Carl Vinson yang merupakan kapal induk dalam Gugus Tempur Kapal Induk Satu milik Angkatan Laut AS.

"Pelaut kami sangat terlatih dapat mengoperasikan domain yang kompleks dan diperebutkan serta bersifat mematikan. Mereka dapat bertahan hidup serta menjalankan misi terlepas dari apa ancamannya," tambah Carlos.

Menurut Laporan Kesiapan Militer China yang diterbitkan pada 2023 oleh Departemen Pertahanan China, saat ini China dilaporkan sedang menggandakan stok rudal DF-21 mereka dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya China memiliki 500 hulu ledak pada 2021 dan meningkat menjadi 1000 hulu ledak pada 2022.

Bahkan pada 2021 Departemen Pertahanan China mengatakan bahwa DF-21 memiliki kemampuan serangan presisi jarak jauh khususnya pada kapal induk AS. Stok rudal tersebut disiapkan untuk melakukan serangan ke arah pasifik barat yang dekat dengan daratan China.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru