Ngeri,,, Ular Piton 200 Kg Ditangkap Penjaga Taman Saat Ritual Kawin

Redaksi - Jumat, 08 Maret 2024 12:00 WIB
Ngeri,,, Ular Piton 200 Kg Ditangkap Penjaga Taman Saat Ritual Kawin
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Rawa-rawa di Florida selatan memang menjadi rumah bagi segala jenis predator puncak. Pun begitu menjadi sebuah pengalaman baru bagi tim penjaga taman nasional ketika mendapati gundukan ular piton selebar 2,4 meter di dekat rawa.

Peristiwa tersebut terjadi 21 Februari lalu di lahan publik berlokasi di Collier County. Mengejutkannya lagi tak hanya satu, para penjaga mendapati dua gundukan dalam sehari.

Advertisement

Setelah dicek ternyata gundukan tersebut adalah ritual kawin ular piton. Para penjaga pun menangkap semua ular-ular tersebut.

Baca Juga:

Total ada 11 ular piton yang ditangkap, salah satu memiliki panjang hampir 5 meter. Begitu ditimbang berat keseluruhan mencapai 225 kilogram.

Angka ini mencetak rekor tangkapan yang dilakukan tim penjaga selama satu dekade ini. Dan keberhasilan ini membuktikan bahwa program telemetri radio eksperimental yang mereka jalankan.

"Ini mungkin mimpi buruk terburuk bagi kebanyakan orang, tapi bagi kami, ini adalah hari yang baik. Ini adalah kemenangan bagi satwa liar asli," kata Ian Bartoszek, koordinator sains lembaga konservasi Conservancy of Southwest Florida dikutip McClatchy News dalam sebuah wawancara telepon.

"Ini adalah momen yang patut dinikmati, bukan sebagai sebuah kemenangan namun sebagai pengamatan yang sangat menarik mengenai perilaku ular yang tidak akan pernah dilihat oleh kebanyakan orang. Ada begitu banyak ular besar berkumpul di tempat yang sama. Kebanyakan orang akan mengatakan itu menyeramkan, tapi itu sangat keren untuk dilihat."

Sejak tahun 2013, lembaga konservasi Conservancy of Southwest Florida telah memasang pelacak pada 110 ular piton dan memantau pergerakan mereka di wilayah barat daya kawasan tersebut.

Banyak hal yang telah diketahui mengenai perilaku ular piton, termasuk ukuran wilayahnya, habitat yang mereka pilih, dan kemampuan hewan tersebut untuk berkumpul bersama selama musim kawin.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru