Kondisi Terluka, Gajah Liar di Aceh Turun ke Kebun Warga

Redaksi - Rabu, 28 Februari 2024 15:15 WIB
Kondisi Terluka, Gajah Liar di Aceh Turun ke Kebun Warga
Istimewa
bulat.co.id - ACEH TIMUR | Seekor gajah betina dengan kondisi terluka ditemukan di kawasan perkebunan warga di Dusun Pante Cermin, Desa Pante Kera, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur.Saat ini, gajah yang terluka itu telah diobati oleh tim gabungan.

Advertisement
"Gajah dalam keadaan luka-luka di bagian kaki, pinggul dan luka sobek telinga bagian kanan. Belum diketahui penyebabnya, namun diduga luka tersebut akibat perkelahian sesama gajah," kata Kapolsek Simpang Jernih Ipda Maswelliadi dalam keterangannya, Rabu (28/2/24).

Baca Juga:
Menurutnya, berdasarkan keterangan warga, kawanan gajah terdiri dari satu jantan, satu betina serta empat ekor anak turun ke perkebunan warga pada Jumat (23/2/24). Lima ekor satwa disebut telah kembali ke hutan dan tersisa gajah betina.

Warga yang mengetahui gajah dalam kondisi terluka melaporkan ke Polsek Simpang Jernih dan BKSDA Aceh serta Forum Konservasi Leuser (FKL). Tim medis lalu mendatangi lokasi untuk melakukan pengobatan.

"Hingga saat ini keberadaan dan kondisi gajah liar tetap dipantau oleh tim. Petugas dari BKSDA menyampaikan penanganan dilakukan dengan cepat karena peran masyarakat yang aktif dan berkoordinasi dengan petugas," jelas Maswelliadi.

Maswelliadi mengimbau masyarakat peduli terhadap lingkungan serta tidak memburu satwa dilindungi. Polisi akan menindak tegas pelaku pelaku perburuan.

"Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan melaporkan kepada kami jika ada kejadian-kejadian yang ditimbulkan dari satwa liar, jangan melakukan perburuan liar terhadap satwa yang dilindungi oleh negara, karena selain berpotensi berhadapan dengan hukum perburuan liar juga akan menggangu habitat alam," lanjut Maswelliadi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru