Ini Sumber Kekuatan Ekonomi Iran yang Berani Serang Israel

Redaksi - Senin, 15 April 2024 09:33 WIB
Ini Sumber Kekuatan Ekonomi Iran yang Berani Serang Israel
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Iran melancarkan serangan udara ke Israel. Serangan ini sebagai balasan karena konsulatnya di Damaskus, Suriah sebelumnya diserang.

Perekonomian dari negara di Timur Tengah ini pun menarik perhatian. Iran diketahui mengandalkan minyak untuk perekonomiannya.

Advertisement

Dalam laporan World Bank yang diperbaharui pada 20 Oktober 2022, perekonomian Iran ditopang oleh sektor hidrokarbon, pertanian, jasa, serta kehadiran negara di bidang manufaktur dan jasa keuangan.

Baca Juga:

"Iran menempati peringkat kedua di dunia dalam hal cadangan gas alam dan keempat dalam hal cadangan minyak mentah terbukti," bunyi laporan tersebut.

Meskipun relatif terdiversifikasi bagi negara pengekspor minyak, aktivitas perekonomian dan pendapatan pemerintah Iran masih bergantung pada pendapatan minyak. Oleh karena itu, bersifat fluktuatif.

Dalam laporan World Bank, rencana pembangunan lima tahun yang baru sedang dipersiapkan. Rencana sebelumnya untuk tahun 2016/17 hingga 2021/22 terdiri dari tiga pilar yakni pengembangan perekonomian yang berketahanan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan peningkatan keunggulan budaya.

Prioritas dari negara ini antara lain adalah reformasi badan usaha milik negara dan sektor keuangan dan perbankan, serta alokasi dan pengelolaan pendapatan minyak. Rencana tersebut memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 8%.

Iran juga mengalokasikan anggaran cukup besar untuk militer. Masih dalam laporan World Bank, anggaran militer Iran tahun 2022 sebesar 2,6% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Secara nominal, anggaran militer Iran tahun 2022 sebesar US$ 6,84 miliar atau setara Rp 110,12 triliun (kurs Rp 16.100).

Masih mengacu data dari World Bank itu, anggaran militer tersebut sebesar 17,3% dari belanja pemerintah Iran secara umum. Disebutkan pula, total angkatan bersenjata Iran pada tahun 2020 sebanyak 650.000.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru