Ribuan Umat Kristiani Rayakan Natal di Alun-alun Pancasila Salatiga, 96 Gereja Tergabung Didalamnya

Redaksi - Senin, 25 Desember 2023 12:00 WIB
Ribuan Umat Kristiani Rayakan Natal di Alun-alun Pancasila Salatiga, 96 Gereja Tergabung Didalamnya
Istimewa

bulat.co.id -SALATIGA | Ribuan umat Kristiani di Kota Salatiga, Jawa Tengah, berkumpul di lapangan Alun-alun Pancasila untuk menggelar ibadah Natal bersama, Senin (25/12/23) pagi. Acara ini diikuti oleh 96 gereja yang tergabung dalam Badan Kerjasama Gereja-gereja Salatiga (BKGS). Meskipun beribadah dengan beralaskan koran tikar dan karpet, jemaat tetap merasakan khusyuk dan hikmat dalam perayaan Natal mereka.

Advertisement

Kemeriahan ibadah Natal di Kota Salatiga terlihat sejak pukul 04.00 WIB setelah umat Islam menyelesaikan salat subuh. Ribuan umat Kristiani dari berbagai gereja datang berduyun-duyun ke lapangan Alun-alun Pancasila, yang terletak di pusat kota, untuk mengikuti ibadah Natal bersama.

Tema ibadah Natal kali ini, yang diambil oleh panitia, adalah "Kasih dalam Perdamaian," dengan makna bersatu padu dalam kerja sama untuk menciptakan suasana damai, tentram, dan aman, serta mendatangkan berkat bagi semua umat di Kota Salatiga. Selain itu, tema tersebut juga menegaskan Kota Salatiga sebagai kota toleransi di Indonesia.

"Tahun ini, kegiatan ibadah Natal bersama mengusung tema kasih dalam perdamaian, dengan tujuan menciptakan suasana damai, tenteram, dan aman. Ini juga sebagai bentuk kota toleransi di Indonesia," kata Toni Baskoro, salah seorang panitia Natal.

Ibadah Natal di Kota Salatiga bukan hanya dihadiri oleh umat Kristiani dari wilayah Salatiga, tetapi juga menarik perhatian warga dari luar kota. Pemuka agama dari agama lain juga turut hadir untuk menunjukkan semangat toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Tradisi ibadah Natal bersama di Kota Salatiga telah dilakukan sejak tahun 1960-an, melibatkan berbagai denominasi gereja, seperti Gereja Katolik, Kristen Protestan, Gereja Kharismatik, Gereja Pentakosta, dan Injil. Acara ini telah menjadi tradisi dan ikon Kota Salatiga untuk merayakan Natal secara bersama-sama setiap tahunnya.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru