Gunung Marapi Erupsi Lagi, Terdengar Suara Dentuman

Redaksi - Sabtu, 30 Desember 2023 12:00 WIB
Gunung Marapi Erupsi Lagi, Terdengar Suara Dentuman
Istimewa

bulat.co.id -PADANG | Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Agam dan Tanah Datar Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi pagi ini. Saat erupsi, terdengar suara dentuman keras di puncak Marapi.

Advertisement

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Bukittinggi, Teguh Purnomo menyebut tinggi kolom abu erupsi kali ini tidak teramati. Namun, saat erupsi diiringi dengan suara dentuman.

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi pukul 06:03 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati. Sementara dari rekaman seismogram menunjukkan amplitudo maksimum 31 milimeter dengan durasi 56 detik. Saat erupsi juga terdengar suara dentuman," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/12/23).

Teguh menambahkan kolom abu yang disebabkan oleh letusan Gunung Marapi tidak teramati. Hal ini terjadi karena Gunung Marapi diselimuti awan tebal.

"Gunung dalam keadaan kabut 0-III hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati," ungkapnya.

Untuk saat ini, Teguh menyebut status Gunung Marapi masih berada di level II. Dia mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar Gunung Marapi tidak mendekati dan beraktivitas 3 kilometer dari kawah.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lembah atau aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi juga diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru