Apa Itu Computer Assisted Test yang Digunakan Dalam Seleksi CPNS 2024

Redaksi - Selasa, 09 Januari 2024 10:15 WIB
Apa Itu Computer Assisted Test yang Digunakan Dalam Seleksi CPNS 2024
Istimewa
bulat.co.id -MEDAN | Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan akan membuka seleksi CPNS 2024. Nantinya, seleksi CPNS 2024 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Rekrutmen ASN dilakukan dengan menggunakan computer assisted test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga menjadi lebih transparan dan akuntabel," kata laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Senin, (8/1/24).

Lantas, apakah itu sebenarnya Computer Assisted Test? Berikut penjelasannya.

Apa itu Computer Assisted Test
Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Computer Assisted Test atau CAT adalah tes yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Dengan menggunakan CAT, nilai tiap pelamar bisa dilihat secara langsung saat pengerjaan soal hingga usai tes.

Penggunaan CAT pertama kali diterapkan sejak tahun 2013. Metode seleksi berbasis CAT digunakan setelah metode Lembar Jawab Komputer (LJK) dinilai tidak efektif dan memiliki sejumlah kekurangan sehingga hasil dari seleksi tidak akurat.

Menurut laman resmi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan penggunaan CAT memiliki sejumlah keunggulan. Adapun beberapa keunggulan tersebut sebagai berikut.
1. Pelamar yang melaksanakan seleksi menggunakan CAT dapat mendaftarkan diri secara daring.

2. Memiliki sistem penilaian berkala meskipun ujian masih tetap berlangsung.

3. Sistem komputer membantu dan menjadikan jalannya ujian lebih tersusun dengan banyaknya soal tiap jenis tes seperti tes pengetahuan umum, bakat skolastik, dan sebagainya.

4. Nilai akhir bisa diakses dengan mudah melalui secara online.

5. Platform CAT berguna digunakan dalam jangka panjang.

6. Struktur pemberian soal diformat berbeda-beda dengan pelamar lainnya.

Kapan CPNS 2024 Dibuka?
Pengumuman pembukaan seleksi CPNS 2024 dipastikan akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Melansir detikFinance, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyebutkan jika pembukaan CPNS 2024 tidak digelar pada Januari 2024.

Dirinya menjelaskan kemungkinan CPNS 2024 akan dibuka pada bulan Maret atau April 2024. Hal itu diungkapkannya karena mengingat ada sejumlah mekanisme yang panjang dalam seleksi CPNS.

"Bulan ini kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi)," ujar Anas.

Kendati demikian, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2024. Terdapat 2,3 juta formasi yang bisa dilamar nantinya.

Melansir detikEdu, sebanyak 2,3 juta formasi itu kemudian dibagi menjadi dua wilayah yakni pusat dan daerah. Serta dibagi untuk kategori CPNS dan PPPK. Adapun data lengkap terkait pembagian formasi itu sebagai berikut.

1. Formasi CPNS di pusat: 207.247
2. Formasi PPPK di pusat: 221.936
3. Formasi CPNS di daerah: 483.575
4. Formasi PPPK di daerah: 1.383.758

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru