Viral, Ceramah Ning Umi Laila Dianggap Sindir Rhoma Irama

Redaksi - Rabu, 17 April 2024 11:35 WIB
Viral, Ceramah Ning Umi Laila Dianggap Sindir Rhoma Irama
Istimewa
bulat.co.id - SURABAYA | Pendakwah milenial Ning Umi Laila belakangan menjadi perbincangan di media sosial. Ustazah bersuara merdu dengan gaya ceramah yang menarik itu jadi sorotan karena sempat menyinggung Rhoma Irama.

Seperti diketahui, potongan video dakwah pemilik nama Umi Lailatul Rahma Hadi ini tidak jarang viral media sosial. Kali ini, salah satu potongan video dakwahnya tidak hanya viral tapi juga mengundang kontroversi.

Advertisement

Dalam salah satu kesempatan, Ning Laila menyampaikan materi ceramah agama yang berkaitan dengan narkoba.

Baca Juga:

"Ada orang ingkang gembar-gembor, ojok narkoba, ojok gawe sabu-sabu, tapi ternyata secara tidak langsung nggak sengojo anak e nggih kenek narkoba (ada orang yang gembar-gembor jangan narkoba, jangan pakai sabu-sabu, tapi ternyata secara tidak langsung nggak sengaja anaknya kena narkoba)," ujar Ning.

Dalam video yang diunggah di TikTok itu Ning Laila akhirnya menyebutkan dengan gamblang siapa sosok yang dia maksud menggembar-gemborkan tidak terjebak narkoba tapi anaknya memakai narkoba.

"Sinten buk? Oh boten sumerap (Siapa bu? Oh tidak tahu). Rhoma Irama," lanjutnya.

Untuk mengilustrasikan bagaimana Rhoma Irama mengingatkan jangan sampai kena narkoba, Umi Laila menyanyikan sepenggal lagu Mirasantika ciptaan Rhoma Irama dengan suaranya yang merdu.

Dia pun mengajak jemaah yang mengikuti ceramahnya untuk turut menyanyikan lagu yang berisi pesan agar menjauhi narkoba itu hingga Ning Umi Laila kembali menyinggung soal Rhoma Irama.

"Padahal pangapunten, Rhoma Irama niku lagunya sae-sae buk. Uapik (Padahal maaf, Rhoma Irama itu lagu-lagunya bagus-bagus bu. Sangat bagus). Semuanya lagunya itu punya makna tersirat, maksud e niku ojok mendem, ojok narkoba (maksudnya itu jangan mabuk, jangan narkoba), dia bisa menghancurkan hidupmu. Tapi ternyata kecolongan," ujar Umi Ning Laila.

Video ceramah yang menyinggung tentang narkoba ini menuai pro kontra. Seperti yang diunggah akun TikTok @sedihrianahyadi yang menyertakan keterangan video berisi hadis tentang gibah.

Video yang diunggah akun tersebut saat ini telah ditonton sebanyak 8,1 juta kali. Video itu mendapatkan 111.700 suka dan mendapatkan lebih dari 11.100 komentar. Tidak sedikit warganet yang terpancing mengikuti narasi gibah seperti yang disertakan pemilik akun dan menyalahkan Ning Umi Laila.

Cukup banyak komentar warganet yang menganggap Ning Umi Laila telah menggunjingkan Rhoma Irama. Namun tidak sedikit yang membelanya dengan menyatakan apa yang dikatakan sang ustazah adalah fakta.

Sementara Ning Umi Laila saat dihubungi mengaku hal tersebut merupakan salah paham.

"Sebenarnya niku namung salah paham mawon, cuman dari kulo-nya juga kelinthu. Dados pripun mboten nopo-nopo (Sebenarnya itu cuma salah paham saja, cuman dari sayanya juga keliru. Jadi bagaimana ya tidak apa-apa)," tegasnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru