Indonesia Produksi 3 Vaksin Dalam Negeri Secara Mandiri, Berikut Laporan BPOM

Indonesia Produksi 3 Vaksin Dalam Negeri Secara Mandiri
- Rabu, 28 Desember 2022 21:06 WIB
Indonesia Produksi 3 Vaksin Dalam Negeri Secara Mandiri, Berikut Laporan BPOM
Foto: Tempo
Kepala BPOM Penny K Lukito
bulat.co.id -Indonesia telah berhasil Kembangkan dan produksi tiga vaksin Covid-19 secara mandiri pada 2022. Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) menyatakan hal ini mengurangi ketergantungan Indonesia dari vaksin impor.

Ketiga vaksin Covid-19 tersebut yakni, Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh peneliti Indonesia. Vaksin ini diberi nama Vaksin Inavac. Selanjutnya Vaksin Indovac dan Vaksin mRNA AWCorna. Selain berhasil membuat vaksin secara mandiri, hadirnya dua industri farmasi yaitu PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia dan PT. Etana Biotechnologies Indonesia juga menjadi catatan sejarah. Hal ini terjadi setelah 132 tahun Biofarma berdiri pada 6 Agustus 1890.

"Capaian dan lompatan luar biasa dalam industri farmasi Indonesia dalam produk biologis yang memproduksi vaksin Covid-19 adalah hal yang sangat membanggakan sekali," kata Kepala BPOM Penny K Lukito melansir dari Sindonews, Rabu (28/12/2022).

Hal ini sejalan dengan amanah Inpres No 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. Penny mengaku bangga BPOM berhasil mendorong dan mengawal pengembangaan tiga vaksin Covid-19 tersebut mulai dari awal penelitian sampai tahap akhir dengan diberikannya Emergency Use Authorization (EUA).

"Payung hukum berupa RUU Pengawasan Obat dan Makanan tengah diperjuangkan di DPR sangat dibutuhkan untuk bisa secara efektif melindungi 274 juta penduduk Indonesia dari obat dan makanan yang tidak memenuhi standard," katanya.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru