15 Pekerjaan yang Segera Hilang 5 Tahun ke Depan

- Minggu, 07 Mei 2023 15:51 WIB
15 Pekerjaan yang Segera Hilang 5 Tahun ke Depan
Istimewa

bulat.co.id - Kecerdasan buatan (AI) dan mesin yang makin canggih disebut bisa membuat tenaga manusia menganggur. Ternyata, ancaman manusia digantikan robot dan komputer sudah sangat nyata sehingga banyak profesi dan lapangan kerja musnah.

Advertisement

Baca Juga:

Laporan berjudul Future of Work 2023 yang dirilis oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF) menggambarkan perubahan yang drastis di dunia kerja akibat digitalisasi dan pemanfaatan kecerdasan buatan.

Baca Juga: Coba Lakukan Hal Ini Untuk Usir Rasa Malas di Kantor Pasca Liburan

Dilansir dari CNBC Indonesia, Minggu (7/5/2023), salah satu fokus utama laporan tersebut adalah mengukur berapa banyak bidang pekerjaan yang hilang dan muncul di berbagai jenis industri.

Riset dari tim WEF menyatakan 23 persen dari tenaga kerja di segala bidang industri di seluruh dunia bakal berubah total dalam 5 tahun ke depan, baik dalam bentuk bidang pekerjaan yang musnah maupun profesi baru yang muncul.

Data pergeseran bidang pekerjaan yang disebut sebagai "churn pasar tenaga kerja" ini, menurut tim peneliti, menunjukkan bahwa dampak digitalisasi terhadap profesi manusia tidak bisa dilihat hanya dari tingkat penyerapan tenaga kerja. Riset membuktikan bahwa untuk tiap profesi yang musnah, banyak profesi baru yang bermunculan.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru