Fakta Dibalik Puluhan Warga di Surabaya Keracunan Massal Usai Santap Daging Kurban

Redaksi - Senin, 03 Juli 2023 11:06 WIB
Fakta Dibalik Puluhan Warga di Surabaya Keracunan Massal Usai Santap Daging Kurban
internet
bulat.co.id -SURABAYA | Pearayaan Idul Adha 1444H – 2023 di Indonesia banyak menyimpan cerita. Mulai adanya hewan kurban yang lepas saat akan di kurban, warga ditendang oleh hewan kurban, hingga ada sejumlah warga yang keracunan setelah menyantap daging hewan kurban.

Advertisement

Seperti yang terjadi di Kalilom Lor Indah Seruni II, Kali Kedinding, Kenjeran,Surabaya, Jawa Timur. Di wilayah ini, puluhan warga dikabarkan keracunan massal usai menyantap daging hewan kurban. Ini fakta dibalik terjadinya peristiwa tersebut.

Baca Juga:

60 Warga Keracunan

Sebanyak 60 warga Kalilom Lor Indah Seruni II, Kali Kedinding, Kenjeran,Surabaya, Jawa Timur mengalami keracunan missal diduga usai menyantap daging hewan kurban.

Sami'is, salah satu keluarga korban keracunan massal mengatakan, setiap tahun warga kampung Kalilom Lor Indah Seruni II memiliki tradisi makan bersama saat Idul Adha.

Baca Juga :Ayah dan Anak Tewas, Diduga Akibat Keracunan Minuman

Ada tiga menu yang diolah untuk disantap warga satu kampung, yakni sate, gule, dan juga krengsengan. "Tiap tahun kita punya tradisi makan-makan bersama satu kampung saat Iduladha. Biasanya aman-aman saja, baru kali ini kena musibah. Ada tiga menu yang dimasak, sate, gule sama krengsengan. Harusnya empat menu, tetapi kikilnya belum sempat dimasak," kata Sami'is, Sabtu (1/7/23).

Keluarga Sami'is yang menjadi korban keracunan massal, adalah anak laki-lakinya yang berusia 14 tahun dan juga istrinya. "Malam itu setelah makan-makan ada jeda beberapa jam, tiba-tiba banyak yang mengeluhkan pusing dan mual. Anak dan istri saya termasuk korbannya dan sekarang dirawat disini (Puskesmas Tanah Kali Kedinding)," jelas Sami'is.

Lebih lanjut Sami'is menceritakan, ada sekitar 55 sampai 60 warga yang didominasi orang dewasa yang menjadi korban keracunan massal. Acara pesta rakyat tersebut dilakukan pada Jumat (30/6/2023) malam kemarin.

Baca Juga :Puluhan Warga Keracunan Makanan Usai Menyantap Makanan Buka Puasa Bersama

"Ada kurang lebih 55 sampai 60 orang yang keracunan. Ada yang dibawa ke puskesmas dan juga ada yang di rujuk ke Rumah Sakit dr Soewandi ran juga Rumah Sakit Unair," pungkas Sami'is.

Beni, salah satu korban keracunan massal menyampaikan, saat acara makan-makan dirinya hanya menyantap empat tusuk sate. Tak lama kemudian, dia merasa pusing dan memilih pulang untuk istirahat. Namun karena kondisinya makin parah, akhirnya dia memilih untuk ke puskesmas.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru