Bupati Pakpak Bharat Serahkan Bantuan Untuk Pelaksanaan Ritual Adat Menanda Tahun

Lastro Banurea - Jumat, 23 Februari 2024 08:30 WIB
Bupati Pakpak Bharat Serahkan Bantuan Untuk Pelaksanaan Ritual Adat Menanda Tahun
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan Ritual Adat “Menanda Tahun” se-Kabupaten Pakpak Bharat di halaman Kantor Camat Pergetteng-Getteng sengkut, Kamis (22/2/2024).

bulat.co.id - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyerahkan bantuan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk pelaksanaan Ritual Adat "Menanda Tahun" se-Kabupaten Pakpak Bharat di halaman Kantor Camat Pergetteng-Getteng sengkut, Kamis (22/2/2024).

Advertisement
Adapun bantuan yang diserahkan itu berupa satu ekor kerbau dan diterima oleh Sulang silima Marga Manik Sisada Rube Sitellu Desa Sienem Kuta.

Baca Juga:

Dan beberapa marga -marga lain yang juga melaksanakan ritual adat serupa juga diberikan bantuan berupa ayam 30-60 ekor.

"Ini bukan bantuan, hanya sedikit oleh-oleh dari kami Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, selamat melaksanakan ritual adat menanda tahun," ucap Franc Bernhard Tumanggor disela-sela penyerahan tersebut.

"Dalam ritual adat ini, kita tidak bermaksud menduakan Tuhan, namun melalui upacara adat ini kita berdoa kepada Tuhan supaya kita lebih meningkat lagi. Kita melihat ada kemajuan dari tahun ketahun, jalan ke Pagindar misalnya, semakin baik. Pertanian kita bagus, tidak ada musim paceklik. Masyarakat kita sehat-sehat. Harapan kita semua semoga semakin baik kedepan," ungkap bupati kemudian.

Marno Manik warga perwakilan marga Manik mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Pakpak Bharat atas diserahkan bantuan tersebut.

"Lias atemo mendahi Pemerintah, atas bantuan ini, untuk kedepannya mari kita rembukkan bersama bagaimana ritual menanda tahun ini bisa dilaksanakan serentak di seluruh marga yang ada, sehingga ritual ini benar-benar menjadi sebuah ritual bersama, satu doa, satu kerja dan satu musim tanam, itulah tujuan menanda tahun sebenarnya," ucap Marno Manik, perwakilan marga Manik.

Sementara itu Wilson manik, salah seorang tokoh masyarakat berpendapat, kemajuan budaya Pakpak kian membaik dari waktu ke waktu.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru