Event Tahunan Kabupaten Pakpak Bharat, Pesta Budaya Oang-oang Besok Akan Digelar

- Kamis, 06 Oktober 2022 17:43 WIB
Event Tahunan Kabupaten Pakpak Bharat, Pesta Budaya Oang-oang Besok Akan Digelar
Pesta Budaya Oang-oang event Tahunan Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2022 - (Foto: istimewa)

bulat.co.id - Kabupaten Pakpak Bharat salah satu Kabupaten yang berada diwilayah Provinsi Sumatra Utara. Daerah ini juga cukup dikenal banyak objek wisata alamnya yang menarik untuk dikunjungi.

Advertisement

Namun selain objek wisata alam, ternyata daerah ini juga memiliki event tahunan yang unik dan menarik, bahkan juga telah masuk dalam Calender of Event Danau Toba 2022, yaitu Pesta Budaya Oang-oang.

Baca Juga:

Untuk pergelaran Pesta Budaya Oang-oang tahun 2022 ini, akan dilaksanakan selama 2 (Dua) hari, tanggal 7 dan 10 Oktober 2022 di Kasean Banurea Lapangan Napasengkut.

"Pesta Oang-oang tahun ini (2022) digelar selama 2 (Dua) Hari, tanggal 7 dan 10 Oktober 2022 lokasi lapangan Napasengkut," kata Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya melalui Pamong Budaya Poltak Manik saat ditemui awak media ini diruangan kerjanya, Kamis (6/10/2022).

Seksi Sekretariat Pesta Budaya Oang-oang ini juga menjelaskan, kegiatan dihari pertama pesta Budaya Oang-oang, diantaranya pembukaan kegiatan dilanjutkan pelaksanaan perlombaan yang diikuti perwakilan setiap Kecamatan.

"Kegiatan hari pertama pelaksanaan Pesta Budaya Oang-oang ini, diantaranya pembukaan dan pelaksanaan perlombaan, dan hari kedua puncak dari kegiatan pesta Oang-oang ini," kata Poltak Menjelaskan.

Untuk hari kedua yang merupakan Puncak dari kegiatan Pesta Budaya Oang-oang ini diawali dengan Karnaval kenderaan hias, baik kendaraan roda empat dan roda 2 yang bergerak dari Gapura menuju Kasean Banurea Lapangan Napasengkut.

"Untuk puncak Pesta Budaya Oang-oang ini, diawali dengan karnaval yang bergerak dari Gapura di Sosor menuju lapangan Napasengkut lokasi acara," kata Poltak.

Lanjut Poltak menyampaikan, di puncak Pesta Budaya Oang-oang ini juga sekaligus dilaksanakan peringatan hari Pelleng (Makanan Tradisional Pakpak) Nasional.

"Dipuncak Pesta Budaya Oang-oang ini sekaligus juga dilaksanakan peringatan hari pelleng Nasional yang berketepatan jatuh pada hari tersebut," pungkasnya.

(LPB)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru