Dikeluhkan Tidak Berfungsi, Mesin Bed Dryer Langsung Dicoba Mengeringkan Jagung oleh Teknisi

- Rabu, 26 Oktober 2022 18:18 WIB
Dikeluhkan Tidak Berfungsi, Mesin Bed Dryer Langsung Dicoba Mengeringkan Jagung oleh Teknisi
Tim Maintenance dari Pihak Penyedia Mesin Pengering Jagung Langsung Melakukan Tes Mengeringkan Jagung Bed Dryer Milik Bumdes Soh Kininduma - (Foto: bulat.coid/Lastro)

bulat.co.id - Pada Tahun 2021, Dinas Ketahan Pangan Dan Pertanian (Disketapang dan Pertanian) Kabupaten Pakpak Bharat menyalurkan bantuan mesin pengering jagung Bed Drayer dan Rotari Drayer. Setelah mesin tersebut disalurkan, namun ada keluhan dari kelompok penerima bahwa mesin pengering jagung tersebut tidak bisa difungsikan.

Advertisement

Terkait hal tersebut, Disketapang dan Pertanian langsung turun menggelar uji coba pengoprasian mesin pengering jagung untuk memastikan keluhan dari para kelompok.

Baca Juga:

Untuk uji coba tersebut, Disketapang dan Pertanian bekerjasama dengan pihak rekanan juga langsung mendatangkan tim maintenance pihak penyedia dari Yogyakarta. Seperti yang terlihat hari ini, uji coba pengering jagung Bed Dryer yang dilakukan adalah milik Bumdes Soh Kininduma di Desa Siempat Rube IV (Empat) yang merupakan salah satu penerima bantuan tersebut pada Rabu (26/10/2022).

Uji coba ini langsung dihadiri Kabid Ketahanan Pangan Dumarita Purba, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Wasron Pandeangan, pihak dari Bumdes Soh Kininduma, wartawan dan peserta lainnya.

Dalam uji coba ini, yang langsung dilakukan oleh tim Maintenance dari pihak penyedia tersebut, ternyata bisa difungsikan. Dan tim Maintenance juga langsung melakukan uji coba mengeringkan jagung dengan kadar 22.

Pada kesempatan ini, Tim Maintenance, menyampaikan bahwa daya tampung maksimal dalam sekali mengeringkan yaitu 1 Ton dan idealnya 500 Kg jagung.

"Maksimal 1 ton dan idealnya hanya 500 Kilogram (Kg)," katanya disela-sela mengeringkan jagung tersebut.

Sementara, Kabid Ketahanan Pangan Disketapang dan Pertanian mengatakan, uji coba ini dilakukan terkait adanya keluhan dari kelompok serta turunnya Inspektorat ke kelompok untuk melakukan audit.

"Adanya keluhan dari kelompok (Penerima Mesin) dan kemarin turun inspektorat ke kelompok-kelompok mengaudit, salah satu rekomendasinya itu mendatangkan teknisi, dan udah datang ini teknisinya," kata Duma.

Ketika ditanya kapan akan di uji coba mesin Bed Dryer 2 (Dua) unit yang berada dihalaman Kantor Disketapang dan Pertanian yang dikembalikan pihak penerima. Ia mengatakan menunggu hasil kordinasi pada hari Jumat mendatang.

"Hasil koordinasi hari jumat. Dilihat dulu lagi lah (Perlengkapan mesin bed dryer), lengkap gak pada saat mereka terima dengan yang sekarang," kata Duma.

Duma menambahkan, akan meninjau kembali mesin yang telah dikemabalikan, baru mengambil tindakan apakah diserahka kembali kepada kelompok tani atau tidak.

"Belum sampai disitu, hari jumat rencananya masih melihat sesuai gak yang mereka terima dengan setelah kita coba," katanya.

(LPB)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru