Gawat, SDN di Sini Tak Punya Murid Baru

Redaksi - Senin, 17 Juli 2023 11:23 WIB
Gawat, SDN di Sini Tak Punya Murid Baru
SDN di Ponorogo tak memiliki murid satupun (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)

bulat.co.id -PRONOROGO | Memasuki tahun ajaran baru, pada umumnya, sekolah tentu memiliki murid baru yang akan mengemban ilmu di sekolah tersebut.

Advertisement

Namun, di provinsi Jawa Timur, ada salah satu sekolah dasar negeri (SDN) yang tidak memiliki murid baru di tahun ajaran baru ini.

Baca Juga:

Ialah SDN Jalen, yang berada di Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Meski saat ini memasuki tahun ajaran baru, namun SDN ini tidak mendapat murid sama sekali. Padahal, jumlah pagu murid harusnya berisi 28 anak.

Baca Juga :Bayi 2 Tahun di Simalungun Ditemukan Tewas Membusuk Dalam Saluran Irigasi

Di hari pertama sekolah, Senin (17/7/23) ini, tidak ada satupun murid baru di SDN Jalen. Para guru tampak pasrah, sebab, berbagai upaya sudah mereka lakukan untuk menarik minat para calon wali murid.

Kepala Sekolah SDN Jalen, Dedy Adi Nugroho mengatakan, sebenarnya sekolahnya mendapat dua orang pendaftar, namun, keduanya mundur karena takut anaknya tidak ada teman di sekolah.

"Misalnya saja kalau ada lima murid, mereka mau masuk. Tapi kalau cuma dua anak dengan berat hati saya suruh cari sekolah lain," terang Dedy kepada wartawan, Senin (17/7/23).

Dedy menerangkan, berbagai upaya sudah dilakukan para guru sebelum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bahkan, juga mendatangi para calon wali murid.

Baca Juga :Bus MPM Masuk Jurang di Padang, Tiga Orang Luka-luka
"Banyak yang kita lakukan, sebelum PPDB sudah ke rumah calon wali murid dengan memberikan seragam gratis, serta tabungan senilai Rp 100 ribu untuk membeli buku pendamping seperti LKS, juga siap memberikan uang transportasi Rp 150 ribu per bulan untuk anak yang sekolah di sini. Uang tersebut diambilkan dari sumbangan para guru di sini," ujar Dedy.

Namun hingga akhir PPDB, tetap saja tidak ada wali murid yang mendaftarkan anaknya. "Sejak 5 tahun terakhir, jumlah siswa masuk semakin menurun," papar Dedy.

Rata-rata, para wali murid lebih memilih sekolah di MI. Sehingga semakin tahun peminat siswa bersekolah di SD menurun.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru