Gawat, SDN di Sini Tak Punya Murid Baru

Redaksi - Senin, 17 Juli 2023 11:23 WIB
Gawat, SDN di Sini Tak Punya Murid Baru
SDN di Ponorogo tak memiliki murid satupun (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)

Tahun ajaran lalu, SDN Jalen hanya mendapat 1 siswa, tahun ini tidak mendapat murid. Dengan rincian, kelas 1 kosong, kelas 2 ada 1, kelas 3 ada 3, kelas 4 ada 5, kelas 5 ada 5, kelas 6 ada 10, total 24 siswa.

Baca Juga :Ditolak Rujuk, Seorang Pria di Medan Aniaya Mantan Pacar
"Keinginan dari sekolah, dengan fasilitas seperti ini, guru bersertifikasi tentunya kami tidak ingin sekolah ini ditutup. Karena satu-satunya sekolah yang ada di Jalen sendiri, tergantung dari Dinas Pendidikan sendiri yang akan menentukannya," tandas Dedy.

Advertisement

Hal senada juga terjadi di SDN Setono, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Di sini hanya ada 1 siswa yang mendaftar.

Kepala Sekolah SDN Setono Prayitno menerangkan, pihaknya masih terus membuka penerimaan murid baru. "Karena belajar dari tahun lalu, setelah aktif belajar biasanya ada siswa yang menyusul mendaftar. Tahun lalu ada 5 anak, tahun ini hanya dapat 1 anak," kata Prayitno.

Baca Juga :Peras Pelajar, Warga Tanjung Balai Diamankan Polsek Medan Baru
Menurutnya, jumlah ini jauh dari yang diharapkan. Meski Prayitno menyadari persaingan sekolah saat ini sangat ketat. Para wali murid lebih memilih menyekolahkan anaknya ke MI dibanding SD.

"Selain itu usia TK dari Setono juga sedikit, itupun sudah diperebutkan dengan sekolah lain," pungkas Prayitno. (HM/dtc).

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru