Gegara Seragam Mahal, Disdik Jatim Copot Kepsek di Tulungagung

Redaksi - Selasa, 25 Juli 2023 18:15 WIB
Gegara Seragam Mahal, Disdik Jatim Copot Kepsek di Tulungagung
internet
ilustrasi

bulat.co.id -SURABAYA | Diduga langgar standar operasional prosedur (SOP), Plt Kepala SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, Norhadin resmi dinonaktifkan sementara dari jabatannya.

Advertisement

Baca Juga:

Keputusan itu diambil setelah Dinas Pendidikan Jawa Timur menurunkan tim identifikasi soal polemik mahalnya harga seragam yang dikeluhkan wali murid di Tulungagung. Hasil identifikasi, ada kesalahan standar operasional prosedur (SOP) yang tidak dipatuhi sekolah.

"Betul, Kepala SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, Norhadin resmi dinonaktifkan sementara," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jatim Aries Agung Paewai, Selasa (25/7/23).
Baca Juga :Si jago Merah Lalap Eks Bangunan Gubuk di Pamekasan
Menurut Aries, keputusan tersebut diambil dalam menyikapi carut-marut penjualan seragam SMA yang mencapai harga lebih dari Rp 2,3 juta dan memberatkan wali murid.

Agar kasus serupa tidak terjadi kembali, Aries akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap tingkat kepatuhan masing-masing satuan pendidikan. Pihaknya juga menginstruksikan pada satuan pendidikan SMA, SMK, dan SLB Negeri agar tidak mewajibkan pembelian seragam yang ditentukan oleh sekolah.

"Setiap satuan pendidikan dilarang mewajibkan orang tua atau wali murid untuk membeli seragam dari koperasi sekolah. Jadi tidak boleh ada paksaan pembelian seragam melalui koperasi," tegasnya.
Baca Juga :Jadi Calo PPDB SMP Negeri, Oknum Pegawai Disdik Surabaya Dipecat
Terkait tuduhan drop kain dari Disdik Jatim ke sekolah, Aries menegaskan, tidak ada arahan dari Disdik Jatim untuk menunjuk seseorang untuk mendistribusikan pakaian seragam sekolah.

Aries juga menginstruksikan, jika ada orang tua merasa keberatan terhadap penawaran kain seragam yang dijual di koperasi, maka berhak menolak dan tidak membeli.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru