Pembelajaran Muatan Lokal Membentuk Karakter Siswa Yang Berakhlak Dan Berbudaya

Suhut Gultom - Kamis, 12 Oktober 2023 11:30 WIB
Pembelajaran Muatan Lokal Membentuk Karakter Siswa Yang Berakhlak Dan Berbudaya
Pembelajaran Muatan Lokal Membentuk Karakter Siswa Yang Berakhlak Dan Berbudaya
bulat.co.id - SIPIROK -Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Parlindungan Pasaribu SPt MM yang diwakili Kadis Pariwisata Tapsel, Abdul Saftar Harahap SSos MM membuka kegiatan Penyusunan Buku/Modul Ajar Muatan Lokal Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tapsel yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Tapsel, di Hotel Torsibohi Nauli Sipirok, Rabu (11/10/2023).

Kadisdik Kabupaten Tapsel, Arman Pasaribu SSos MSi dalam laporannya yang disampaikan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Tapsel, Hotma Rido Ranto Siregar SAg MSi selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, bahwa giat ini berlangsung pada tanggal 11 - 13 Oktober 2023.

Giat ini adalah rangkaian dari penyusunan sekaligus membuat buku mata pelajaran muatan lokal bagi siswa tingkat SMP di Tapsel. Dan, juga tindak lanjut dari kegiatan revitalisasi bahasa. Setelah dicetak nanti akan dibagikan secara gratis ke setiap sekolah se-Kab Tapsel

Giat ini selain penyusunan modul dan pembuatan silabusnya, juga dilakukan pembedahan terhadap bakal materi yang akan di tuangkan didalam buku pelajaran tersebut. Sehingga nantinya isi buku yang akan di cetak aktual, konseptual, terutama relevan terhadap usia anak didik atau tingkat kelasnya di sekolah, sebutnya

Dijelaskannya, bahwa muatan lokal pada kurikulum Merdeka menurut Pusat Pengembangan Kurikulum adalah sebuah kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi yang terdapat dalam suatu daerah.

Sehingga dalam penyusunan buku bahan ajar ini, kita melibatkan berbagai unsur seperti akademisi, Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) dan Dewan Kesenian Tapsel, Guru Kesenian serta pelaku dan pekerja seni.

Melalui muatan lokal yang diterapkan di sekolah, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kecintaannya terhadap budaya daerahnya dan menanamkan nilai sosio kultural yang melingkupi peserta didik. Pemahaman nilai karakteristik daerah kepada peserta didik diharapkan dapat membentuk karaktek peserta didik, jelasnya.

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu SPt MM melalui Kadis Pariwisata Abdul Saftar Harahap SSos MM dalam arahannya mengatakan bahwa Pemkab Tapsel sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan terkait penyusunan bahan ajar muatan lokal ini.

Dimana langkah ini sebagai upaya pengenalan dan pelestarian budaya serta untuk menanamkan kecintaan siswa terhadap daerahnya, melalui buku pembelajaran muatan lokal pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar tingkat SMP.

Advertisement
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru