Gelar Pelatihan Jurnalistik, PWI Binjai Apresiasi Pelajar SMK Negeri 1

Hendra Mulya - Selasa, 28 Februari 2023 12:33 WIB
Gelar Pelatihan Jurnalistik, PWI Binjai Apresiasi Pelajar SMK Negeri 1
Foto : salah satu pemateri yang merupakan anggota PWI Binjai sedang memberikan penjelasan tentang foto dan video jurnalistik
bulat.co.id -Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Binjai menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik di SMK Negeri I Binjai, Jalan Samanhudi, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Selasa (28/2/23).

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Ketua PWI Binjai, Arma Delisa Budi dan Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri I, Safaruddin, S.Pd, M.Pd serta sejumlah anggota PWI lainnya.

Ketua PWI Binjai, Arma Delisa Budi mengatakan, pendidikan mengenal dunia jurnalistik sangat penting diberikan kepada siswa-siswi. Hal ini dilakukan agar mereka mengetahui yang mana sebenarnya produk jurnalistik dan dapat terhindar dari jerat UU ITE.

"Saat ini banyak orang yang terjebak dengan UU ITE. Hal ini lantaran ketidaktahuan masyarakat khususnya para remaja yang hobi dan gemar bermedia sosial. Jadi setiap tulisan di medsos itu bukan produk jurnalistik, jadi siswa-siswi ini juga harus mengetahuinya," kata Budi dihadapan puluhan siswa-siswi yang hadir mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik.

Masih kata Budi, PWI Binjai sangat mengapresiasi siswa-siswi SMK Negeri I yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik. "Kami sangat mengapresiasi, semoga kegiatan ini bermanfaat buat semuanya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepsek SMK Negeri I Binjai, Safaruddin mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik sengaja dibuat untuk mengenal kepada siswa-siswi bagaimana tugas dan kerja seorang wartawan/ reporter.

"Semalam saya di beri buku oleh bapak Suheri, mantan guru yang hobi menulis. Beliau mampu membuat 100 buku. Kalau kamu ingin mengetahui sejarah Binjai semua ada di perpustakaan, jadi tidak salahnya jika siswa-siswi ingin atau berminat menjadi jurnalistik," ujarnya.

Masih kata Safaruddin, dunia jurnalis sangat menyenangkan, sehingga dirasa sangat penting diketahui oleh seluruh siswa-siswi. "Pada saat ini baru terlaksana kegiatan pelatihan ini, karena PWI Binjai dalam satu bulan terakhir ini banyak kegiatan, jadi baru hari ini lah kegiatan dapat terlaksana," terangnya.

Dalam kegiatan ini, hadir sebagai pemateri pengenalan teknik pengambilan berita video dan foto, Hendra Mulya, S.Sos dan Wardika Aryandi, SS yang memberikan materi teknis menulis berita.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru