Akibat Gagal Panen di Pemalang Pemkab Gelar Pasar Murah

Solihin Kohar - Kamis, 02 November 2023 08:45 WIB
Akibat Gagal Panen di Pemalang Pemkab Gelar Pasar Murah
bulat.co.id -Menurunnya daya beli barang kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) akibat gagal panen pada musim kemarau menjadi perhatian Pemkab Pemalang untuk bergerak membantu warganya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.

Melalui Diskoperindag Pemkab Pemalang menggelar pasar murah untuk meningkatkan daya beli masyarakat, dan menstabilkan harga di pasar.

Advertisement

Hari ini Rabu, ( 1/11/2023) Bupati Pemalang Mansur Hidayat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Santi Santi Rosalia membuka pasar murah tahap 1 di Desa Pedurungan Kecamatan Taman sebagai pengendali inflasi di wilayahnya.

Baca Juga:

Mansur Hidayat saat membuka kegiatan tersebut mengatakan dalam rangka pengendalian Inflasi baik pada saat menjelang Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, harga – harga cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Hal ini disebabkan antara lain karena musim kemarau panjang, tingginya permintaan dari masyarakat dan efek psikologis dari para pedagang yang menaikkan harga – harga barang pokok," ujarnya.

Kenaikan harga tersebut menurut Mansur, tentu saja sangat memberatkan bagi masyarakat.

Menyikapi adanya fenomena tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pemalang secara rutin setiap tahun menyelenggarakan program Pasar Murah.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh barang kebutuhan pokok dalam rangka pengendalian inflasi menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Sekaligus sebagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga serta mempersempit kemungkinan adanya penimbunan barang kebutuhan pokok," ungkap Mansur.

Sementara Fungsional bidang Perdagangan Diskoperindag Pemalang Sabar Iman menjelaskan kegiatan dimaksudkan untuk membantu daya beli masyarakat kurang mampu untuk memperoleh barang kebutuhan pokok, dan sebagai upaya menjaga stabilisasi harga serta mempersempit kemungkinan adanya penimbunan kebutuhan pokok.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru