Lagi, Taput Alami Gempa Bumi Berkekuatan M 3,4 Episenter

- Rabu, 12 Oktober 2022 19:03 WIB
Lagi, Taput Alami Gempa Bumi Berkekuatan M 3,4 Episenter
Pemetaan gempa - (Foto: dok. BMKG)

Bulat.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menginformasikan kembali terjadi gempa bumi tektonik di Tapanuli Utara (Taput), Rabu (12/10/2022) sekira pukul 16:55 WIB.

Advertisement

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwasanya gempabumi terjadi di wilayah Taput berkekuatan M 3,4 episenter. 

Baca Juga:

"Episenter terletak pada koordinat 2.07 LU dan 98.97 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Timur Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 1 km," terang Hendro, kepada wartawan.

Lanjutnya, BMKG memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera pada segmen renun. 

"Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan III MMI di Tarutung dan Parmonangan. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. II MMI di Silangit. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," terangnya.

Hendro menambahkan, gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02:28:41 WIB.

"Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya. 

(Ban)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru