Gempa Susulan Guncang Tarutung, Sudah 171 Kali Gempa Susulan

- Selasa, 25 Oktober 2022 22:06 WIB
Gempa Susulan Guncang Tarutung, Sudah 171 Kali Gempa Susulan
Peta lokasi Gempa di Tarutung - (Foto: BMKG)

bulat.co.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengumumkan, Tarutung alami gempa bumi tektonik, Selasa (25/10/2022) sekira pukul 19:12 WIB.

Advertisement

"Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3,9. Episenter terletak pada koordinat 2.01 LU dan 98.96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 0 km barat daya Tapanuli Utara, Sumut," terang Kepala BMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, kepada wartawan.

Baca Juga:

Lanjutnya, jenis dan mekanisme gempa BMKG memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada segmen renun. 

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Tarutung , Sipoholon dan Silangit III MMI , getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.  Sipahutar dan Hutaraja II-III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan  yang digantung bergoyang," terang Hendro. 

"Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal (1/10/2022) pukul 02:28:41 WIB," ungkapnya.

"Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

BMKG wilayah I Medan mencatat per tanggal (25/10/2022) pukul 20:00 WIB, jumlah gempa bumi susulan berjumlah 171 kejadian. Sedangkan gempa bumi susulan dirasakan sebanyak 25 kejadian. 

(Ban)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru