Enam Anak di Sumut Meninggal Dikarenakan Ginjal Akut

- Selasa, 18 Oktober 2022 23:57 WIB
Enam Anak di Sumut Meninggal Dikarenakan Ginjal Akut
Tim Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) melaporkan tentang ginjal akut,dr Rosmayanti Syafriani Siregar MKed(Ped) SpA(K) - (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Tim Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) melaporkan sebanyak enam orang anak meninggal dunia akibat mengalami penyakit ginjal akut di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

Advertisement

Hal ini diterangkan oleh dr Rosmayanti Syafriani Siregar MKed(Ped) SpA(K) selaku dokter spesialis anak konsultan nefrologi, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM), Selasa (18/10/2022). 

Baca Juga:

"Mulai bulan Juli sampai Oktober ini ada tujuh kasus yang ditangani. Dari kasus itu, satu berhasil ditangani dan pasien sudah sehat. Namun beberapa (enam) kasus tidak bisa diselamatkan (meninggal)," ucapnya. 

Anak-anak yang meninggal akibat ginjal akut tersebut berusia satu sampai lima tahun. Dia menjelaskan, mereka berasal dari Kota Medan dan beberapa Kabupaten/Kota lain di Sumut.

"Kasus terakhir ditangani terhadap anak usia dua tahun asal Medan. Kita sudah lakukan tindakan sesuai dengan prosedur Kemenkes terkait pasien dengan gejala ginjal akut," ucapnya.

Rosmayanti menerangkan, faktor utama penyebabnya ginjal akut yang menyerang pada anak sejauh ini masih belum bisa dipastikan. Apakah berasal akibat faktor dari makanan atau justru faktor yang lain.

"Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit tersebut. Akan tetapi, yang jelas pasien dengan yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi perburukan yang cepat sekali," ujarnya.

Ia menambahkan, mayoritas pasien yang datang, mengalami gejala awal tidak bisa kencing atau kencingnya sedikit sekali dibandingkan dalam keadaan normal.

"Biasanya didahului dengan gejala apakah ada demam sebelumnya, batuk pilek, atau diare dan tiba tiba anaknya mengalami gangguan tidak ada kencing setelah gejala tersebut," jelasnya. 

Namun begitu, ia mengimbau agar masyarakat tidak panik. Orang tua diharapkan membawa anaknya ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala-gejala tadi.

"Saya harap orang tua tidak panik. Pada anaknya yang gejala demam batuk pilek tetaap lakukan hidrasi atau pemberian cairan yang cukup dan pemantauan urine selama anaknya sakit. Kalau ditemui misalnya gejala urine kurang atau sedikit cari fasilitas kesehatan untuk penanganan nya," pungkasnya.  

(Ban)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru