Waspada GGAPA Polsek Serbelawan Minta Apotek Tak Jual 5 Merek Paracetamol Sirup

- Rabu, 26 Oktober 2022 22:53 WIB
Waspada GGAPA Polsek Serbelawan Minta Apotek Tak Jual 5 Merek Paracetamol Sirup
Petugas Polsek Serbelawan dan Puskesmas himbau apotik agar tidak menjual 5 merek Paracetamol Sirup - (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Sesuai laporan, pasien Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada anak di Sumut mencapai 11 kasus. Dari 11 kasus itu, terdapat 6 anak meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Advertisement

Menindak lanjuti laporan Plh Dirut RS H Adam Malik tersebut Gubernur Edy Rahmayadi telah mengeluarkan surat himbauan No 440/12439/2022 kepada Bupati/Walikota, Kadis Kesehatan dan Kepala Puskesmas se-Sumut perihal Himbauan Kewaspadaan GGAPA pada anak.

Baca Juga:

Untuk itu, Polres Simalungun melalui Polsek-polsek melakukan sidak ke beberapa toko obat yang ada di wilayah Simalungun pada Rabu (26/10/2022). Bhabinkamtibmas Polsek Serbelawan Aiptu M Purba bersama Kanit Intel Ipda L Panjaitan serta Aiptu Sutiono, Kepala Puskesmas Serbelawan dr Juliati Sipahutar menyambangi dan menghimbau kepada pemilik Apotek dan karyawan Indomaret.

Polisi dan pihak puskesmas Dolok Batu Nanggar menghimbau kepada pemilik Apotik Martunas, Apotik Selamat dan Indomaret di Kelurahan Serbelawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, bahwa saat ini Ikatan Dokter Anak Indonesia telah menyarankan agar menghindari penggunaan obat sirup untuk anak-anak karena mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG) yang diduga mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak bahkan bisa berakibat kematian.

Kanit Intel Polsek Serbelawan, Ipda L Panjaitan mengatakan bahwa, pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Serbelawan memberikan informasi kepada pemilik apotik.

"Tujuan kita memberikan informasi dan edukasi kepada pemilik apotik dan indomaret terkait bahaya penggunaan obat sirup untuk anak-anak dengan memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat dengan stiker, meme, maupun video," katanya Rabu (26/10/2022) pagi. 

(ES)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru