Air Keramat Sumur Syeh Maulana Samsudin, Diyakini Dapat Mengobati Berbagai Penyakit

- Selasa, 27 Juni 2023 08:00 WIB
Air Keramat Sumur Syeh Maulana Samsudin, Diyakini Dapat Mengobati Berbagai Penyakit
Istimewa
bulat.co.id -Destinasi wisata religi di Kabupaten Pemalang banyak bertebaran di penjuru pelosok kota berjuluk Pusere Jawa ini.

Dari yang berada di wilayah pegunungan, di dalam hutan belantara, sampai yang berada di pesisir pantai laut utara Jawa.

Advertisement

Salah satunya yang terkenal adalah Wisata Religi komplek Makam Syeh Maulana Samsudin atau yang biasa di kenal dengan nama SMS.

Baca Juga:

Makam Waliyullah ini terletak di pinggir pantai Kelurahan Widuri, Kecamatan Pemalang Kota, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, atau hanya beberapa meter saja dari bibir pantai.

Baca Juga :Ini Cerita Air Taman Sarana, Penyelesaian Hukum Adat Masyarakat Pemalang

Pada sekitar tahun 1980 an makam ini belum di kenal oleh para masyarakat luas dan menjadi tujuan wisata ziarah seperti saat ini.

Para peziarah dari berbagai kota di pulau Jawa dan Sumatera, datang untuk ngalap berkah sesuai dengan keyakinannya.

Sulhan (45), seorang penjaga makam Syeh Maulana Samsudin, ketika ditemui awak media menceritakan jika dahulu makam Waliyullah ini berada persis di pinggir pantai Widuri, dengan berjalannya waktu, sekarang makam tersebut bergeser sedikit ke selatan bibir pantai.

Baca Juga :Pemalang Tak Lupa Teriaki Bus 'Om Telolet'">Habis Tertabrak Sepeda Motor, Bocah di Pemalang Tak Lupa Teriaki Bus 'Om Telolet'

"Makam dahulu seringkali terendam air laut ketika pasang menerpa, namun air laut sumur di dekat makam airnya tak pernah berasa asin," tuturnya.

Banyak masyarakat Pemalamg dan peziarah dari berbagai tempat, mempercayai air sumur keramat Syeh Maulana Samsudin dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Salah satu peziarah Ahmad dari Serang, Banten mengaku sengaja dari jauh-jauh datang untuk tawasul dan mengobati penyakitnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru