Sosok Ahmad Ali Waketum Nasdem Kini Jadi Pelatih Kepala Timnas AMIN

Hadi Iswanto - Selasa, 21 November 2023 19:45 WIB
Sosok Ahmad Ali Waketum Nasdem Kini Jadi Pelatih Kepala Timnas AMIN
Waketum Nasdem Ahmad Ali yang kini jadi pelatih Timnas Amin
bulat.co.id -Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Ahmad Muhaimin Iskandar melengkapi timnas AMIN. Sore tadi, Anies mengumumkan Ahmad Ali sebagai pelatih kepala atau head coach Timnas Amin. Siapakah sosok Ahmad Ali?

Ahmad H M Ali lahir di Desa Wosu, Morowali, Sulawesi Tengah, pada 16 Mei 1969.

Advertisement

Pada tahun 2005, Ahmad H M Ali menjadi anggota pengurus Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Provinsi Sulteng.

Baca Juga:

Sedangkan karir politiknya dimulai ketika terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Morowali untuk periode 2009-2014.

Ia juga menjadi pengurus Pemuda Pancasila cabang Sulawesi Tengah sejak 1999 hingga sekarang.

Suami dari Nilam Sari Lawira dan ayah dari 2 orang anak ini merupakan alumnus Universitas Tadulako, Palu. Pada pemilu 2014 lalu, Ketua DPW Partai NasDem Sulteng ini mampu meraih perolehan 109.021 suara.

Dalam tugasnya di parlemen, Ahmad Hi. M. Ali menjadi anggota Komisi VII yang melingkupi bidang energi dan mineral dan lingungan hidup. Selain itu, ia juga menjadi Ketua Kelompok (Kapoksi) di Banggar DPR-RI.

Diumumkan Sebagai Pelatih Kepala

"Hari ini adalah hari berbahagia bagi kita semua, karena kita berkesempatan untuk mengumumkan tim yang kita sebut sebagai Timnas AMIN yang alhamdulilah kapten dan co-kapten yang telah lebih dulu diumumkan. Sekarang kami akan sampaikan bagian dari tim ini, yaitu kita menetapkan kalau sebuah kesebalasan, yaitu ada coachnya, head coach yang akan bertugas sebagai head coach adalah Bapak Ahmad Ali," kata Anies saat konferensi pers Di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

Selain itu, Anies memastikan Ahmad Ali akan didampingi tiga asisten coach. Mereka yakni, Tamsil Linrung, Ahmad Heryawan atau Aher, dan Jazilul Fawaid.

"Beliau akan menjadi head coach di sini dengan asisten coachnya adalah Bapak Jazilul Fawaid, Bapak Tamsil Linrung, dan Bapak Ahmad Heryawan," ucapnya.

Anies menyampaikan head coach dan asisten coach ini akan memikirkan strategi pemenangan Timnas AMIN. Dia menyebut mereka akan bekerja di pinggir lapangan.

"Pelatih adalah seorang yang berada di pinggir lapangan, tapi dia memikirkan strategi, dia memikirkan cara untuk menang, dia memikirkan arahan bagaimana pemain di lapangan bergerak, bagaimana mengingatkan pemain untuk bisa memberikan penampilan yang terbaik, inilah head coach yang nanti akan mendampingi, mengarahkan, membimbing, mengingatkan kepada Timnas AMIN yang kemarin sudah kita sampaikan susunan sampai ke co-captain," ujarnya.

Anies mengibaratkan Ahmad Ali dkk seperti Sir Alex Ferguson. Dia juga menyinggung Arsene Wenger hingga Jurgen Klopp.

"Jadi ini kira-kira seperti Sir Alex Ferguson-nya lah kalau pertandingan sepak bola, atau itu kalau MU, kalau Arsenal siapa namanya? Arsene Wenger ya, kalau Liverpool apa dia? Mungkin seperti Jurgen Klopp, kalau PSSI, ya nama-nama semua lah ininya," tutur dia.

Selain itu Anies mengumumkan nama-nama anggota Dewan Penasihat Timnas AMIN, mereka antara lain Ketua Umum Pemuda Pancasila Yapto Soerjosoemarno, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Kepala BIN Sutiyoso, hingga politikus senior PKS Hidayat Nurwahid.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru