Sah! Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas Dukung Anies-Cak Imin, Ini Alasannya

Hadi Iswanto - Jumat, 01 Desember 2023 21:30 WIB
Sah! Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas Dukung Anies-Cak Imin, Ini Alasannya
kompas
Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas menyatakan dukungan ke pasangan AMIN
bulat.co.id -Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas yang notabene adalah ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Anwar Abbas menegaskan hal itu Muhammadiyah pada Jumat petang tadi.

Advertisement

Anwar Abbas mengatakan dirinya sebagai Ketua PP Muhammadiyah tidak diperbolehkan mendukung AMIN. Namun secara pribadi, dirinya mendukung sepenuhnya AMIN dalam Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga:

"Saya kan Ketua PP Muhammadiyah ya, saya nggak boleh men-declare (mendeklarasikan) bahwa saya Anwar Abbas mendukung. Tapi saya Anwar Abbas (mendukung), yang kebetulan warga Muhammadiyah," ujarnya.

Anwar Abbas mengatakan dari ketiga paslon yang ada, pasangan AMIN yang dirinya nilai bisa mendengarkan idenya. Hal tersebut lah yang membuat dirinya mendukung AMIN.

"Yang sudah mendengar ide saya secara langsung ya Pak Anies, dan pak Anies welcome, karena dia welcome saya dukung. Cuman konteksnya persatuan dan kesatuan. Saya tidak ingin negeri ini pecah karena kesenjangan ekonomi," ujarnya.

Ia kembali menegaskan, sebagai suatu lembaga tidak boleh memberi dukungan kepada paslon tertentu. Namun dia mengatakan, pribadi dari masing-masing diperbolehkan.

Dia mengatakan kader yang mendukung ataupun jadi tim sukses paslon di Pilpres tidak diperbolehkan mengatasnamakan Muhammadiyah.

"Muhammadiyah itu tidak boleh terlibat dalam dukung mendukung, Muhammadiyah tak boleh, tapi pribadinya silakan. Makannya di Muhammadiyah itu, sudah dijelaskan oleh sekretaris umum, ada tim sukses di Muhammadiyah itu yang mendukung Prabowo, ada tim sukses di Muhammadiyah itu yang mendukung Ganjar, ada tim sukses di Muhammadiyah itu yang mendukung Anies dan Cak Imin. Boleh nggak? Boleh silakan saja, tapi jangan mengatasnamakan Muhammadiyah," kata Anwar Abbas di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023).

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri silaturahim nasional relawan Garda Matahari di Jakarta. Dalam acara itu, hadir tokoh senior sekaligus ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas.

Anies Baswedan menjelaskan arti kehadiran dari Anwar Abbas tersebut. Dirinya mengklaim, dengan jelas Anwar Abbas telah menyatakan dukungan.

"Ya ini kan sudah jelas ada dukungan tadi," ujar Anies di silaturahim nasional relawan Garda Matahari di Jakarta, Jumat, (1/12/2023) tadi.

Dalam kesempatan yang sama, Cak Imin mengatakan Anwar Abbas telah menyatakan dukungannya. Dukungan itu, kata dia, disampaikan secara pribadi beberapa bulan yang lalu.

"Iya alhamdulilah, sebagai tokoh besar tokoh besar ya meskipun beliau pengurus MUI, pengurus pusat Muhammadiyah," kata Cak Imin.

"Tapi secara pribadi beliau menggunakan hak politiknya untuk support kami betul dari beberapa bulan lalu," tambahnya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru