Film Dokumenter Dirty Vote Dirilis di YouTube: Bongkar Cara Curang Penguasa di Pemilu 2024

Hadi Iswanto - Minggu, 11 Februari 2024 17:52 WIB
Film Dokumenter Dirty Vote Dirilis di YouTube: Bongkar Cara Curang Penguasa di Pemilu 2024
tangkapan layar
Cuplikan film dirty vote
bulat.co.id - Tiga pakar hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari membongkar serangkaian cara curang penguasa dan kroni untuk memenangkan Pemilu 2024. Hal itu dilakukan lewat sebuah karya film dokumenter berjudul Dirty Vote.Film dokumenter eksplanatori yang digarap sutradara Dandhy Dwi Laksono tersebut resmi dirilis Minggu (11/2/2024) hari ini.

Advertisement
Film tersebut dirilis lewat akun YouTube dirty vote.

Baca Juga:
Dalam film tersebut Zainal Arifin, Bivitri, dan Feri Amsari berperan menerangkan bagaimana berbagai instrumen kekuasaan digunakan untuk tujuan memenangkan Pemilu sekalipun prosesnya menabrak hingga merusak tatanan demokrasi.

Penggunaan kekuasaan yang kuat dengan infrastruktur yang mumpuni diterangkannya telah dilakukan penguasa demi mempertahankan status quo.

Penjelasan ketiga ahli hukum dalam film dokumenter tersebut dilandasi atas sejumlah fakta dan data yang mereka miliki.

Kemudian bentuk-bentuk kecurangannya diurai dengan analisa hukum tata negara.

Bivitri secara sederhana menjelaskan film dokumenter Dirty Vote merupakan sebuah rekaman sejarah tentang rusaknya demokrasi di Indonesia.

"Bercerita tentang dua hal. Pertama, tentang demokrasi yang tak bisa dimaknai sebatas terlaksananya pemilu, tapi bagaimana pemilu berlangsung. Bukan hanya hasil penghitungan suara, tetapi apakah keseluruhan proses pemilu dilaksanakan dengan adil dan sesuai nilai-nilai konstitusi. Kedua, tentang kekuasaan yang disalahgunakan karena nepotisme yang haram hukumnya dalam negara hukum yang demokratis," kata Bivitri kepada wartawan, Minggu (11/2/2024)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru