Taman TOGA Binaan TPPKK Desa Sipangko Jadi Sumber Kesehatan Warga

Suhut Gultom - Minggu, 10 Desember 2023 22:00 WIB
Taman TOGA Binaan TPPKK Desa Sipangko Jadi Sumber Kesehatan Warga
Kebun TOGA binaan TPPKK di Desa Sipangko yang menjadi sumber kesehatan warganya.
bulat.co.id -Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) binaan TPPKK Desa Sipangko, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) kini menjadi sumber kesehatan bagi warga.

"Alhamdulillah, Taman TOGA yang murah meriah ini ternyata banyak manfaat atau khasiatnya buat kesehatan," ungkap Kades Sipangko, Muhammad Azan di Desa Sipangko, Kecamatan Angkola Muara Tais, Kab Tapsel. Minggu (10/12/2023)

Advertisement

"Bila ada segelintir orang menyebut TOGA kurang bermanfaat. "Itu pendapat yang keliru, kesehatan warga kami sudah banyak tertolong," ujarnya.

Baca Juga:

Ketua TPPKK Desa Sipangko Ny Maslan Anwar Sajali Tambunan mengucapkan terima kasih ke Ketua TPPKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, Dinas PMD dan Apdesi Tapsel yang telah gencar menyosialisasikan Toga di desanya

"Dengan dorongan TPPKK Tapsel, PMD, dan Apdesi, kami berencana memprogramkan perluasan lahan kosong untuk pengembangan Toga. Tujuannya untuk membantu kesehatan warga lebih banyak lagi," ucap Maslan.

Maslan menerangkan, setidaknya 50 jenis tanaman TOGA yang dikelola TPPKK Desa Sipangko antara lain sambiloto, kumis kucing, serai, labu kuning, daun mint, daun bidara, daun seledri, bunga telang dan lain sebagainya.

"Tanaman TOGA kami ini sementara tidak untuk dijual belikan. Tetapi dikhususkan bagi warga desa yang membutuhkan bahan-bahan untuk obat-obatan herbal," terang Maslan.

Maslan mencontohkan, daun bidara dan kumis kucing di taman TOGA Desa Sipangko digunakan warga untuk penyembuhan penderita sesak nafas tahunan. Batang sambung nyawa menurunkan demam. Dimana bunga telang justru sangat diminati warga karena mampu mencegah berbagai penyakit gangguan lambung dan kesehatan kulit.

Senada, Ketua TPPKK Desa Sipangko Maslan dan Kades Sipangko Muhammad Azan mengakui pihaknya belum terlalu maksimal dalam usaha pengelolaan tanaman obat ini, misalnya diproses menjadi obat-obatan atau jamu. Dengan luas Kebun TOGA sekitar 10 x 15 meter, setidaknya sudah memberi keuntungan bagi warga Desa Sipangko, sebut mereka.

Editor
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru