Modus Lolos Tes Masuk TNI, Seorang ASN  Tipu 7 Korban Hingga Raup Miliaran Rupiah

Redaksi - Senin, 03 April 2023 12:55 WIB
Modus Lolos Tes Masuk TNI, Seorang ASN  Tipu 7 Korban Hingga Raup Miliaran Rupiah
Internet
bulat.co.id -Dengan bermodus lolos tes masuk TNI, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Manggarai Barat NTT tega menipu 7 orang korban hingga miliaran rupiah.


Advertisement


Dijelaskankan oleh seorang narasumber yang juga menjadi korban dalam kasus ini bahwa VT, yang diduga pelaku penipuan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Labuan Bajo Manggarai Barat.

Baca Juga:



Narasumber yang tidak mau disebutkan namanya itu menjelaskan bahwa dirinya diminta 207 juta oleh VT jika anaknya mau lolos masuk TNI. Sumber ini pun menyerahkan uang kepada VT secara bertahap baik melalui transfer ke rekening maupun cash dengan total mencapai 207 juta.



Korban ini meminta namanya dirahasiakan karena alasan menjaga nama baik anaknya yang sudah lolos tes murni (tanpa bayar sepeserpun) pada tes masuk TNI kali berikut usai kena tipu oleh VT.



"Waktu itu kami ada 7 orang yang jadi korban. Ada yang dari Ruteng. Yang 7 orang ini semuanya gugur atau tidak lolos. Kalau saya tidak salah mungkin sampai 1 M lebih itu karena kami bayar diangka ratusan semua itu," ujar korban tersebut.



Korban itu juga menjelaskan bahwa begitu dirinya mengetahui bahwa anaknya tidak lolos, ia pun menghubungi VT untuk menanyakan kenapa anaknya tidak lolos masuk TNI. Namun, VT mejawab bahwa sabar saja karena mereka nanti masuk dicadangan. "Saya tanya cadangan apa maksudnya? Kau jangan tipu saya. Kau harus kembalikan saya punya uang," ujarnya.



Karena tidak puas, sumber ini pun mendatangi rumah VT di Labuan Bajo dan hendak mau sita rumahnya. Namun, terakhirnya dimediasi dan VT siap mengembalikan uang korban secara bertahap. "Saya punya sisah 12 juta sampai sekarang. Saya masih tunggu," ujarnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru