Haji Isam Jadi Sorotan Gegara Beli Pesawat Boeing Seharga Rp 1,5 Triliun Sambil Pakai Kaus Oblong

Redaksi - Rabu, 28 Februari 2024 11:15 WIB
Haji Isam Jadi Sorotan Gegara Beli Pesawat Boeing Seharga Rp 1,5 Triliun Sambil Pakai Kaus Oblong
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Haji Isam tengah jadi perbincangan di media sosial usai membeli pesawat Boeing hanya dengan mengenakan kaus oblong.Foto-foto pengusaha asal Batulicin, Andi Syamsuddin Arysad, atau biasa dipanggil Haji Isam saat membeli pesawat Boeing tengah jadi perbincangan di jagat media sosial. Dalam foto tersebut, Haji Isam terlihat menggunakan kaus oblong ketika membeli pesawat Boeing Max 7 yang ditaksir punya harga Rp 1,5 triliun itu.

Advertisement
Dikutip laman resmi Boeing, foto itu diunggah pada tahun 2018 saat mengumumkan pemesanan unit Boeing Bussiness Jet (BBJ) Max 7 oleh perusahaan milik Haji Isam, Seacons Trading Ltd.

Baca Juga:
Saat itu, Haji Isam ditemani oleh anggota DPR asal Kalimantan Selatan dari PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi dan CEO Seacons Trading Ltd, Dudy Purwagandhi. Seacons Trading Ltd merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan Johlin Group.

Dalam foto tersebut, Haji Isam menggunakan kaus oblong berwarna cokelat dengan merek Dolce & Gabbana. Ia berada di tengah sambil memegang semacam plakat pembelian yang ditandatangani.

"Keluarga BBJ Max sangat cocok untuk pasar jet pribadi yang menuntut dengan kemampuannya dalam jangkauan yang unggul, efisiensi bahan bakar, dan ruang kabin yang lebih besar," kata Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Komersial Boeing, Ihssane Mounir dalam siaran persnya kala itu.

Pesawat BBJ Max diklaim lebih efisien 14 persen dalam penggunaan bahan bakar. Hal ini berkat adanya peningkatan di sisi mesin dan juga aerodinamis. Model ini juga dilengkapi tampilan dek penerbangan bergaya 787 dan beberapa sistem yang canggih.

Spesifikasi Boeing BBJ Max 7

Dikutip laman Aero Corner dan Aerospace Technology, BBJ Max 7 pertama kali diluncurkan pada Oktober 2016. Secara dimensi, pesawat ini memiliki panjang eksterior 35,56 meter. Sementara panjang kabinnya 26,11 meter, lebar 3,66 meter, dan tinggi 2,13 meter. Dengan dimensi segitu, kabinnya lega dan sudah dilengkapi dengan ruangan kantor, ruang makan, ruangan privat, dapur, dan kamar mandi.

Pesawat ini menggendong mesin CFM LEAP-1B. Kipas mesin dioptimalkan dengan diameter 8 inchi lebih besar dari kipas mesin B737. Pesawat ini juga menawarkan daya jangkauan yang lebih jauh dibandingkan pesawat BBJ Max 8 dan BBJ Max 9. Pesawat bisa terbang hingga jarak 12.966 km dengan delapan penumpang di dalam. Sementara saat mengangkut 19 penumpang daya jangkaunya mencapai 12.412 km.

Volume bahan bakar yang bisa ditampung BBJ Max 7 ini sebanyak 39.735 liter dan berat lepas landas maksimum 80.286 kg.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru