Kerupuk Telor Asin, Cemilan Paling di Cari Orang

Kerupuk Telor Asin, Cemilan Paling di Cari Orang
- Jumat, 03 Maret 2023 20:27 WIB
Kerupuk Telor Asin, Cemilan Paling di Cari Orang
Foto: Istimewa
Kerupuk Telor Asin, Cemilan Paling di Cari Orang
bulat.co.id -Pada umumnya telor bebek dibuat menjadi telor asin atau telur bakar, akan tetapi di tangan Rose warga Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang kota, telor asin ini justru dijadikan cemilan kerupuk yang dinamai kerupuk telor asin dengan citarasa berbeda dari kerupuk pada umumnya.

Cara membuatnya yang agak lama dengan tingkat kesulitan yang lumayan sebab bahan kerupuk yaitu telur bebek harus diasinkan terlebih dahulu selama 10 hari. Selanjutnya putih telur di pisahkan dari kuning telurnya yang telah mengeras. Putih telur selanjutnya diblender dengan bumbu dapur lainya, sebelum akhirnya diaduk dengan campuran tepung terigu dan tapioka.

Sedangkan kuning telurnya diaduk bersama campuran tepung secara terpisah,dengan adonan sebelumnya,untuk menghasilkan warna kuning pada kerupuk di tengahnya kerupuk mentah .

Rose mengakui usaha membuat kerupuk telur asin bermula dari coba - coba memanfaatkan telur asin banyak yang pecah , kemudian dibuat kerupuk asin hingga sampai sekarang sudah sekitar dua tahun. Berawal dari terjadinya pandemik virus korona dua tahun yang lalu.

"Sebelumnya saya jualan telur puyuh, begitu terjadi pandemik jualan telur bangkrut, saya bingung mau usaha apa," katanya.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru