Kerupuk Rengginang Khas Pemalang Laris Manis Menjelang Lebaran

- Senin, 13 Maret 2023 07:00 WIB
Kerupuk Rengginang Khas Pemalang Laris Manis Menjelang Lebaran
bulat.co.id/ Ragil Surono
Rengginang dalam proses penjemuran.

bulat.co.id - Setiap menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, pembuat kerupuk rengginang di kampung Mengoneng, Kelurahan Bojongbata, Kecamatan Pemalang Kota selalu mulai membuat untuk stok lebaran nanti

Advertisement

Salah satunya adalah Nurhayati (50), pembuat kerupuk rengginang di Kampung Mengoneng, yang produknya tidak asing lagi bagi para bakul (membeli untuk di jual kembali) dan para pemburu makanan ringan khas Pemalang ini.

Baca Juga:

Ditemui tim bulat.co.id di rumahnya sekaligus sebagai tempat produksinya selama berpuluh tahun, pada Minggu (12/3/2023) sore, dirinya menuturkan jika awalnya ia membuat kerupuk rengginang ini tidak sengaja untuk cemilan keluarganya sendiri dan buat dibagi kepada tetangganya.

Baca Juga: Pemalang Turun">Jelang Ramadhan, Harga Beras di Pemalang Turun

"Sekitar tahun 2000, saya mulai membuat kerupuk rengginang dengan hanya beberapa kilo beras ketan saja," tuturnya.

Dari mulanya coba- coba bikin, akhirnya banyak tetangga dan para bakul berdatangan untuk memesan kerupuk rengginang buatannya.

"Kalau musim hajatan dan tidak hujan, saya bisa bikin rengginang dari beras ketan sampai 30 kilogram. Mereka membeli rengginang buat cemilan para tamu undangan di berbagai acara hajatan," jelas Nurhayati.

Bahan bahan seperti beras ketan import, dicampur dengan rempah-rempah, serta terasi madura, digunakan sebagai bahan pembuatan rengginang. "Saya tidak menggunakan bahan pengawet, tidak jadi kalau di campur bahan kimia rengginag," tuturnya.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru