Viral Sopir Bajaj Ngobrol Inggris dengan Bule, Mangkalnya di Monas

Hadi Iswanto - Selasa, 17 Oktober 2023 21:00 WIB
Viral Sopir Bajaj Ngobrol Inggris dengan Bule, Mangkalnya di Monas
Seorang sopir Bajaj terekam berbicang santai dengan turis asing atau bule. Videonya sampai viral di media sosial setelah si bule mempostingnya pada kanal YouTube Ken Abroad
bulat.co.id -Seorang sopir Bajaj terekam berbicang santai dengan turis asing atau bule. Videonya sampai viral di media sosial setelah si bule mempostingnya pada kanal YouTube Ken Abroad. Banyak warganet kagum karena ia fasih bisa berbincang santai dengan bule yang jadi penumpangnya.

Sosok dibalik setir bajaj yang viral itu bernama Johan (35). Warga RT 005/RW 011 Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur itu mengatakan, ia memang sengaja menyapa setiap wisatawan mancanegara dengan bahasa inggris agar mereka tertarik menggunakan jasanya.

Advertisement

"Awalnya saya bilang, 'Hello Mister, hello Miss. Where are you going?'. Mungkin dengan bahasa Inggris itu, mereka tertarik (untuk naik bajaj). Saya speak English karena menurut saya itu bahasa global," ujar dia melansir Kompas.com di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga:

"Kalau dia (wisman) tertarik, tunjukin map di HP, saya beraniin lagi ngomong 'you can try to me with tuk-tuk'. Dia tertarik, tinggal negosiasi harga," sambung Johan.

Johan sudah bekerja sebagai sopir bajaj sejak 2017. Namun, ia baru mangkal di Monas, Jakarta Pusat, awal 2023.

Sebelumnya, ia kerap mangkal di kawasan Tanah Abang. Namun, sejak pasar itu sepi pengunjung, Johan memutuskan untuk mengitari Ibu Kota mencari penumpang. Ketika melintasi kawasan Monas, ia melihat bahwa di sana ramai wisatawan. Johan pun memutuskan untuk mulai mencari penumpang di sana.

"Saya di pintu Monas Selatan, di patung kuda. Sejak di Monas sering angkut wisatawan, tapi kalau Minggu orang-orang yang CFD (car free day)," terang Johan.

Jika dibandingkan dengan Tanah Abang, Johan memang bisa mendapatkan lebih banyak penumpang di Monas. "Kalau wisatawan lokal, sering angkutnya bukan wisatawan Jabodetabek tapi orang luar daerah," kata dia.

Modal belajar di sekolah Johan bisa berbahasa inggris dari modal belajarnya selama sekolah hingga tingkat SMA. Namun, kemampuan berbahasa inggris itu awalnya tak dia tonjolkan.

Saat mangkal di Tanah Abang, Johan juga pernah mendapatkan penumpang WNA. Kendati demikian, saat itu ia masih belum berani menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Ia masih merasa bingung tentang apa yang perlu dibicarakan. Alhasil, Johan hanya mengantarkan orang asing itu tanpa bersuara.

"Bulenya saya bawa, tapi saya diemin. Saya mikir, enggak ada yang bisa saya tunjukin. Sejak di Monas, saya beranikan untuk ngomong pakai bahasa Inggris," jelas dia.

Selain itu, ia juga merasa perlu mempertajam kemampuan yang telah dipelajari sejak SD-STM. Ia mengaku sempat kesulitan karena bahasa Inggris yang dipelajari semasa sekolah bukanlah jenis percakapan sehari-hari.

"Yang dipelajari dan diterapkan langsung beda. Jadinya kalau komunikasi langsung, otomatis apa yang diucapkan jadi semrawut," ungkap Johan.

Sejak mangkal di kawasan Monas, Johan baru memberanikan diri untuk mengajak WNA berinteraksi dengan bahasa inggris.

Dengan modal sapaan berbahasa inggris itu, Johan pun sudah mengangkut ratusan wisman. Mereka datang dari beragam negara, misalnya Belanda, Belgia, Filipina, Perancis, dan Malaysia.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru