Penjualan Mobil Listrik Melemah, Toyota Pun Tersenyum

Hadi Iswanto - Rabu, 01 November 2023 23:00 WIB
Penjualan Mobil Listrik Melemah, Toyota Pun Tersenyum
Masa depan mobil listrik mulai dipertanyakan. Setelah produsen menggelontorkan investasi cukup mahal, mobil listrik mulai kurang peminat
bulat.co.id -Penjualan mobil listrik melemah sehingga membuat sejumlah pabrikan otomotif besar mengeluh. Sejumlah pabrikan otomotif bahkan mulai khawatir bisnis mobil listrik tidak akan panjang layaknya mobil bensin.

"Saat kita melangkah jauh untuk transformasi ke mobil listrik, ternyata kini ada banyak kendala," kata CEO General Motors (GM) Mary Barra, dikutip dari Autoblog, Rabu (1/11/2023).

Advertisement

GM diketahui telah menggelontorkan dana yang sangat besar hingga mencapai 27 miliar dolar AS atau setara Rp378 triliun. Dari investasi itu GM telah memiliki banyak mobil listrik.

Baca Juga:

Masalahnya sekarang penjualannya justru melemah. Produksi bahkan berkurang karena permintaan juga tidak besar.

Hal serupa juga disampaikan CFO Mercedes-Benz Harald Wilhelm. Dia mengatakan saat ini sangat susah menjual mobil listrik. Bahkan mereka sampai harus memberikan diskon agar mobil listrik tetap terjual.

"Ini kenyataan yang brutal. Saya tidak bisa membayangkan kondisi berkelanjutan yang diinginkan semua orang ini terus berlanjut ke depan seperti sekarang," keluhnya.

Toyota Tersenyum

Sementara itu Presiden Toyota Akio Toyoda, mengatakan lambatnya penjualan membuktikan penolakan terhadap kendaraan listrik.

Menurut Toyoda, melambatnya pertumbuhan di Amerika Serikat sebagai bukti bahwa keengganan Toyota terhadap kendaraan listrik adalah benar.

"Ada banyak cara untuk mendaki gunung untuk mencapai netralitas karbon," kata Akio Toyoda, dikutip dari Carscoops.

Meski pertumbuhan penjualan kendaraan listrik melambat, namun pasarnya masih terus berkembang. Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, penjualan global kendaraan listrik tumbuh sebesar 63 persen pada tahun 2022, dan telah melambat menjadi 49 persen pada tahun 2023.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru