Mau Beli Motor Listrik? Kenali Dulu Tiga Jenis Baterai Ini

Hadi Iswanto - Sabtu, 28 Oktober 2023 18:00 WIB
Mau Beli Motor Listrik? Kenali Dulu Tiga Jenis Baterai Ini
Sepeda motor listrik
bulat.co.id -Sepeda motor listrik dengan merek yang beragam mulai ramai di pasaran. Tak semua motor listrik mengunakan jenis baterai yang sama. Kita perlu mengetahuinya sebelum beli motor listrik.

Saat ini setidaknya ada tiga jenis baterai motor listrik dan ini penting diketahui oleh kalian yang akan membeli kendaraan listrik baru karena akan sangat berpengaruh pada penggunaan sehari-hari.

Advertisement

Berikut adalah 3 jenis baterai motor listrik yang paling banyak ditemukan:

Baca Juga:

Baterai timbal-asam (lead acid)

Baterai ini merupakan jenis yang termurah, karena bentuknya yang lebih kecil. Sekilas ia mirip aki motor. Tetapi jangan tertipu, bobotnya sangat berat dan cukup berpengaruh pada bobot motor.

Faktanya baterai lead acid memiliki bobot tiga kali lebih berat dibandingkan Li-ion. Kelemahan lainnya adalah ia lebih boros dibandingkan dengan yang lainnya.

Baterai nikel-kadmium

Baterai nikel kadmium merupakan jenis yang paling kuat di antara jenis baterai motor listrik lainnya. Ia dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan Li-ion atau Lead acid.

Meski demikian kapasitas baterai ini lebih terbatas di banding jenis lain. Ini membuat lebih sedikit merek motor listrik yang menggunakannya.

Selain itu, kepadatan baterai nikel kadmium juga lebih rendah sehingga dayanya bisa berkurang sendiri hingga 70 persen dalam 24 jam meski motor tidak digunakan.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru