Harga 2 Kali Lebih Murah, Mobil Listrik China Bisa Bikin Produsen Eropa-Amerika Bangkrut

Hadi Iswanto - Senin, 30 Oktober 2023 23:45 WIB
Harga 2 Kali Lebih Murah, Mobil Listrik China Bisa Bikin Produsen Eropa-Amerika Bangkrut
Mobil listrik China kian menjamur dan menjadi ancaman besar bagi para produsen mobil di Amerika Serikat dan Eropa
bulat.co.id -Mobil listrik China kian menjamur dan menjadi ancaman besar bagi para produsen mobil di Amerika Serikat dan Eropa. Selain harganya dua kali lipat lebih murah, kualitas mobil listrik asal China juga semakin baik.

Saking murahnya, di China siapapun mampu membeli mobil listrik.

Advertisement

Menurut data dari JATO Dynamics, produsen mobil listrik Eropa telah berinvestasi pada teknologi baterai lithium-ion yang mahal. Untuk menutupi mahalnya biaya baterai, sebagian besar kendaraan listrik yang ditawarkan merupakan kendaraan premium.

Baca Juga:

Sebaliknya, sebagaimana dilansir dari Carscoops, Senin (30/10/2023), bahan baku baterai yang lebih murah di Tiongkok telah membantu menekan harga mobil listrik China.

Namun sebagai catatan, tidak semua mobil listrik China merupakan hal yang menggembirakan. Serikat pekerja di AS dan Eropa dibayar dengan upah yang jauh lebih tinggi. Sementara sebagian besar industri manufaktur China memberikan upah yang jauh lebih rendah.

Namun, biaya produksi bukanlah satu-satunya faktor. Pemerintah Tiongkok juga telah mensubsidi pembelian kendaraan listrik secara signifikan. Meskipun negara-negara AS dan Eropa juga menawarkan keuntungan lewat pengurangan pajak, nyatanya pendekatan pemerintah China lebih berhasil dalam mengembangkan industri kendaraan listrik dengan jenis yang beragam.

Konsumen mobil listrik di Amerika misalnya hanya dapat memilih dari 51 model mobil listrik listrik dan konsumen Eropa ditawarkan 135 model. Sedangkan calon pembeli mobil listrik di China dapat memilih dari 235 model.

Artinya, meskipun ada kendaraan premium yang ditawarkan, tersedia juga model yang lebih murah dan terjangkau bagi konsumen. Hal inilah yang menjadi landasan kenapa kehadiran mobil listrik China dinilai mengancam produsen mobil Eropa.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru