Fakta Ghisca Debora, Si Penipu Tiket Coldplay Rp 5 Miliar Kini Jadi Tersangka

Hadi Iswanto - Senin, 20 November 2023 16:25 WIB
Fakta Ghisca Debora, Si Penipu Tiket Coldplay Rp 5 Miliar Kini Jadi Tersangka
Polisi resmi menetapkan Ghisca Debora Aritonang alias GDA sebagai tersangka kasus penipuan modus jual beli tiket konser Coldplay di Jakarta.
bulat.co.id -Fakta Ghisca Debora Aritonang diduga telah melakukan penipuan tiket konser band Coldplay di Jakarta hingga mencapai miliaran. Sosok yang masih berstatus mahasiswi Universitas Trisakti itu kini telah ditetapkan jadi tersangka.

Berikut beberapa fakta Ghisca Debora

Advertisement

Ditahan Sejak Jumat

Baca Juga:

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyampaikan bahwa Ghisca telah ditetapkan tersangka dan ditahan sejak Jumat (17/11/2023) lalu.

Polisi resmi menetapkan Ghisca Debora Aritonang alias GDA sebagai tersangka kasus penipuan modus jual beli tiket konser Coldplay di Jakarta.

Terancam hukuman 4 tahun penjara

Dalam perkara ini, penyidik menjeratnya dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan atau Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.

"Ancaman hukuman masing-masing pasal adalah 4 tahun," kata Susatyo di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023).

Raup keuntungan Rp 5,1 Miliar

Berdasar hasil penyidikan, lanjut Susatyo, tersangka Ghisca memperoleh keuntungan hingga Rp5,1 miliar. Keuntungan tersebut diperoleh dari hasil penipuan dan penggelapan 2.268 tiket.

"Total adalah 5,1 miliar rupiah atau 2.268 tiket," ungkap Susatyo.

Uangnya Beli Barang Branded

Selain menetapkan Ghisca sebagai tersangka, penyidik juga melakukan penyitaan terhadap sejumlah barang bukti. Beberapa di antaranya berupa barang branded atau bermerek yang dibelinya menggunakan uang hasil kejahatan.

"Total barang bukti ini kurang lebih ada Rp600 juta dan sisanya hampir sekitar Rp2 miliar itu digunakan pribadi oleh tersangka. Saat ini kami masih melakukan pengembangan terhadap uang atau barang hasil kejahatan yang dilakukan oleh tersangka," pungkasnya.

Mahasiswi Trisaksi

Ghisca merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi, program studi Manajemen, Universitas Trisakti masuk pada tahun 2022. Hal itu berdasarkan informasi di laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/.

Terkait itu, Kepala Humas Universitas Trisakti, Dewi Priandini, buka-bukaan soal mahasiswanya yang tengah menjadi sorotan.

Dewi mengatakan Ghisca memang sering berbohong. Bahkan orang tua Ghisca pun pernah terlihat naik darah akibat ulah anaknya.

"Ghisca itu cantik tapi suka bohong," kata Dewi.

Dewi mengatakan, saat berkuliah di Trisakti Ghisca sempat punya teman dekat atau geng. Mereka kerap terlihat selalu bertiga saat melakukan apapun.

"Mereka main bertiga dari semester 1," kata Dewi.

Namun pertemanan mereka tak berlangsung lama, lantaran seorang teman Ghisca telah pindah universitas.

Sementara seorang lainnya sama seperti Ghisca yakni tidak aktif atau sering tidak masuk perkuliahan.

Modus

Modus tipu-tipu Ghisca yakni berawal dari sukses mendapatkan sejumlah tiket hasil war pada Mei 2023 lalu. Ia mengaku mendapatkan 39 tiket saat war tiket pada bulan Mei 2023 dan berhasil menjual tiket itu kepada sejumlah pembeli.

Ghisca juga mengaku memiliki kenalan orang dalam atau pihak promotor dan menjanjikan bisa menjual tiket lebih banyak lagi.

"Sampai dengan saat ini, keterangan bahwa yang bersangkutan memiliki kedekatan atau perantara itu adalah bohong. Itu tidak benar dan itu menjadi rangkaian kebohongan yang untuk meyakinkan para korban korban tersebut," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat konferensi pers, Senin 20 November 2023.

Susatyo menambahkan, Ghisca berdalih sudah dikenal memiliki banyak tiket masih terus menjual tiket konser Coldplay. Lalu ia berdalih memiliki tiket compliment (tiket khusus rekanan) yang didapatnya dari pihak promotor konser.

"Jadi sejak bulan Mei tersebut banyak para pemesan-pemesan lain melalui teman-teman dari pada GDA ini terus bertambah pemesanan tersebut. Sampai dengan total tadi saya sampaikan sekitar 2.268 tiket hitungannya dari berbagai kelas," ungkapnya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru