10 Cara Sahabat Rasulullah SAW dalam Menyambut Datangnya Bulan Ramadan, Patut Dicontoh

Andy Liany - Sabtu, 09 Maret 2024 14:01 WIB
10 Cara Sahabat Rasulullah SAW dalam Menyambut Datangnya Bulan Ramadan, Patut Dicontoh
net
Ilustrasi.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Advertisement

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan para sahabat yakni menjaga kesehatan saat menjelang Ramadan.

Baca Juga:

Kondisi tubuh harus tetap fit agar dapat dengan lancar menjalankan berbagai kegiatan ibadah. Jika tidak, maka setiap berkah dan mukjizat di bulan tersebut bisa terlewatkan.

4. Mendalami ilmu agama

Mempelajari ilmu seputar hukum Islam termasuk dalam pilar pikiran. Tujuan dari persiapan ini agar apa yang diamalkan dalam ibadah puasa sesuai dengan ajaran Islam dan hasilnya akan maksimal.

Umar bin 'Abdul 'Aziz menyebutkan, "Barangsiapa yang beribadah kepada Allah SWT tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan."

5. Menggantikan puasa yang tertinggal

Bagi sahabat wanita yang mana mengalami haid yang terjadi di bulan Ramadan sebelumnya, sehingga mereka tidak melaksanakan ibadah puasa, maka mereka akan segera menggantinya sebelum bertemu Ramadan kembali.

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anhu mengatakan, "Kami dulu mengalami haid. Kami diperintahkan untuk mengqadha (mengganti) puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqadha salat."

6. Mulai meninggalkan segala jenis perselisihan

Pada zaman dulu, para sahabat sering sekali dipertemukan dengan berbagai peperangan dan pertikaian dengan golongan yang menentang ajaran Islam.

Namun, dengan meniatkan menyambut bulan Ramadan mereka mulai meninggalkan perselisihan dan menghilangkan prasangka buruk yang tumbuh antar saudara.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru