10 Cara Sahabat Rasulullah SAW dalam Menyambut Datangnya Bulan Ramadan, Patut Dicontoh

Andy Liany - Sabtu, 09 Maret 2024 14:01 WIB
10 Cara Sahabat Rasulullah SAW dalam Menyambut Datangnya Bulan Ramadan, Patut Dicontoh
net
Ilustrasi.

7. Berkumpul dengan orang-orang baik

Advertisement

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Baca Juga:

8. Memperbanyak amalan baik

Salah satu amalan yang dilakukan oleh para sahabat adalah puasa di bulan Sya'ban

Usamah bin Zaid radhiyallahu 'anhuma meriwayatkan bahwasanya dia bertanya kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah! Saya tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan di banding bulan-bulan lain seperti engkau berpuasa di bulan Sya'ban?"

Mendengarnya, Rasulullah pun menjawab, "Itu adalah bulan yang banyak manusia melalaikannya, terletak antara bulan Rajab dan Ramadhan. Dia adalah bulan amalan-amalan diangkat menuju Rabb semesta alam. Dan saya suka jika amalanku diangkat dalam keadaan saya sedang berpuasa,"

9. Berserah diri kepada Allah

Para sahabat Rasulullah tentu memiliki pemahaman yang tinggi perihal Islam karena kedekatan dan bimbingan dari Rasulullah, salah satunya tentang berserah kepada Allah SWT. Para sahabat menyerahkan semua ketentuan yang Allah berikan

10. Memantau kemunculan hilal

Untuk menentukan masuknya Bulan Ramadan, para sahabat memantau datangnya hilal. Tentu saja pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui pergantian antara bulan Sya'ban dan bulan Ramadan.

Itulah kebiasaan yang dilakukan oleh sahabat Rasulullah untuk menyambut Ramadan.

Semoga kita dapat terus belajar meneladani kebaikan para sahabat, agar siap menjalani ibadah puasa dengan baik.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru